CIANJUR,[KC],- Beberapa tim sukses caleg mempertanyakan scan model C1 berisi data rekap perolehan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) yang belum sepenuhnya masuk website KPU Pusat hingga Minggu (20/4). Padahal, data itu bisa dijadikan pembanding meminimalisir terjadinya kecurangan pemilu.

Yedi, tim sukses salah satu caleg mengatakan, dirinya kesulitan mendapat informasi perolehan suara para calon legislatif (Caleg). Harapannya dapat melihat melalui C1 di situs KPU, namun sangat disayangkan tidak tersedia. “C1 online belum dikirim oleh  KPUD Cianjur. Ini patut dipertanyakan, jika ada manipulasi atau perbedaan C1 saat rekap baik di tingkat PPS (kelurahan), PPK (kecamatan), KPU kab/kota hingga KPU Provinsi, bisa dibuktikan dengan C1 yang asli yang dipublikasikan oleh KPU RI.” kata Yedi.

Irfan, tim sukses caleg DPR RI Jabar III  juga mempertanyakan hal serupa. Menurutnya, ia sudah mempertanyakan hal itu ke KPUD melalui line telepon namun tidak ada satupun yang merespon. Padahal, sebutnya, alat scan telah disediakan dengan dibeli menggunakan uang rakyat. “Patut dicurigai ada apa ini, kok data scan C1 Kabupaten Cianjur belum masuk 100 persen ke situs online KPU Pusat. Kalau C1 sudah muncul tidak ada lagi yang berani bermain,” kata Irfan.

"KPU pusat sebagai penyelenggara pemilu saya nilai sudah sangat baik dalam melaksanakan pemilu 2014 salah satu indikatornya adalah dengan dibukanya data publikasi pemilu  sehingga dalam proses rekapitulasi nyajuga KPU mempublikasi C1 sebagai sertifikat hasil penghitungan di tingkat TPS, nah sekarang tinggal seberapa beresnya KPU daerah dalam melakukan uploads dan scan C1 ke web KPU" ungkap irfan.

Hasil penulusuran KC di website KPU Pusat, hingga malam hari ini, yang C1-nya sudah muncul hanya di enam kecamatan antara lain cibinong 100%, Haurwangi 96%, Takokak 72%, Warungkondang 100%, Cilaku 97%, dan Pasirkuda 98%. Kecamatan yang C1 nya belum diupload sebanyak 26 Kecamatan.
Sementara itu,  pihak KPUD Cianjur belum ada yang bisa dikonfirmasi, karena masih  melaksanakan sidang pleno [KC.03]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.