Iklan

iklan

Gas 3 Kg di Cianjur Meroket jadi 20 Ribu

Wednesday, May 21, 2014 | 12:13:00 AM WIB Last Updated 2014-05-20T17:13:41Z

CIANJUR, [KC],- Pedagang kecil dan ibu rumah tangga di Cianjur, jabar, keluhkan harga gas 3 kilogram di Cianjur, mencapai Rp20.000 per tabung, biasanya harga hanya Rp16.000.

Udep (34) seorang pedagang gorengan di Kecamatan Cianjur, mengatakan, kenaikan harga tabung gas 3 kilogram itu, berdampak terhadap pengeluaran mereka yang tidak seimbang dengan pendapatan.

"Kenaikan gas tidak diikuti dengan kenaikan harga dagangan kami karena kalau dilakukan, kami khawatir omzet akan terus menurun karena kurang pembeli. Jadinya serba bingung kalau sudah begini keadaannya," keluh ayah dua orang anak itu.

Sedangkan pengecer gas di sejumlah wilayah, mengaku menjual tabung gas 3 kilogram dengan harga bervariatif antara Rp16.000 hingga Rp20.000. Kenaikan harga jual tabung elpiji itu, diakui sejumlah pengecer karena gas susah didapat, bahkan di beberapa tempat terjadi kelangkaan.

"Kami terpaksa menjual agak mahal karena sulit mendapatkan stok gas di tinggkat panggkalan dan agen. Sehingga kami terpaksa mencari sendiri yang biasanya diantar panggkalan ke warung kami," kata Imas (34) pemilik warung di Kelurahan Sayang, Cianjur.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Cianjur, membantah telah terjadinya kelangkaan gas 3 kilogram di Cianjur.

"Memang beberapa waktu terakhir ini ada pendistribusian yang terlambat sehingga pengecer telat mendapatkan pasokan. Tidak benar kalau terjadi kelangkaan, namun ada sejumlah pengecer yang menaikkan harga,? kata Kabag Bina Perdagangan Disperindag Cianjur, Judi Adhi Nugroho.

Saat ini pihaknya mencatat harga jual di tingkat pengecer berkisar Rp 17 ribu hingga Rp 19 ribu pertabung. Namun pihaknya menilai belum perlu melakukan operasi pasar karena harga jual ditingkat agen ke pangkalan masih sesuai Harga Eceran Terendah.[KC.03/Antara]***
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gas 3 Kg di Cianjur Meroket jadi 20 Ribu

Trending Now

Iklan

iklan