CIANJUR, [KC].- Sebanyak lima orang Pekerja Seks Komersial (PSK) secara sukarela mengikuti kegiatan pelatihan bimbingan sosial yang dilaksanakan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kamis (22/5). Para PSK tersebut biasa mangkal diseputaran Jangari Karangtengah.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, H. Sumitra melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Dindin Nurodin mengatakan, untuk merekrut PSK yang diikutkan dalam berbagai kegiatan bimbingan sosial sangatlah sulit. Tidak jarang ketika saat didaftarkan menyetujui, pada saat pelaksanaan mengundurkan diri.
"Tidak gampang untuk mengikutsertakan PSK dalam bimbingan sosial. Kita berhasil menyertakan lima orang ini berkat kerjasama dengan konseling di Komisi PPenangulangan Aids (KPA) Cianjur," kata Dindin saat dihubungi, Kamis (22/5).
Para PSK yang mengikuti bimbingan sosial tersebut rata-rata berusia antara 30-40 tahun. Dari lima orang yang semula bersedia mengikuti bimbingan sosial, satu diantaranya mengundurkan diri. "Ada yang sempat mengundurkan diri, tapi ada gantinya yang mau ikut pelatihan bimbingan sosial," katanya.
Dikatakan Dindin, bimbingan sosial yang diikuti oleh PSK tersebut bertujuan agar para PSK bisa kembali kepada garis kehidupan yang normal. Melalui bimbingan sosial diharapkan para PSK tidak lagi turun kejalan dan bisa menjalani kehidupannya seperti keluarga lainnya.
"Kita harapkan dengan adanya PSK yang mau ikut bimbingan sosial ini bisa menjadi trend positif bagi PSK lainya, sehingga bisa mengikuti. Dampak baiknya jumlah PSK akan semakin berkurang," katanya.
Pihaknya mengakui, sampai saat ini jumlah PSK di Kabupaten Cianjur masih sulit untuk didata. Meski seringkali dilakukan penertiban oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), pelakunya masih saja bermunculan.

"Kita terus melakukan koordinasi dengan Satpol PP, razia seringkali dilakukan. Setelah mereka dapat, kita berikan pembinaan. Ada yang berhasil, ada juga yang masih saja ke jalanan. Tapi paling tidak ada upaya kita untuk memberikan bekal agar tidak lagi ke jalan," tegasnya [KC-02]***. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.