Iklan

iklan

Perkenalkan Bahaya Kebakaran Sejak Dini, Kober Hauna Sambangai Damkar

Friday, May 16, 2014 | 3:28:00 AM WIB Last Updated 2014-05-15T20:28:24Z
CIANJUR, [KC].-  Sebanyak 22 orang siswa siswi Kelompok Bermain (Kober), Hauna Sabandar Hilir Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur melakukan kunjungan belajar ke Danpos Pemadam Kebakaran Wilayah Cianjur di Jalan Perintis Kemerdekaan Jebrod Cianjur  Kamis (15/5).

Kegiatan edukatif ini bertujuan untuk mengenalkan profesi pemadam kebakaran dan memberikan pengetahuan proses pemadaman api kepada anak-anak usia dini. Sehingga diharapkan anak mampu memahami resikonya.

Komandan Pos Pemadam Kebakaran Wilayah Cianjur, Ahmad Rosidi mengatakan, setiap minggu Pos Pemadam Kebakaran selalu dikunjungi siswa-siswi Kober, atau TK, PAUD. Mereka belajar banyak tentang proses pemadaman api, dan bahaya kebakaran.

“Selalu ada saja yang datang ingin tahu. Kami memberikan penjelasan kepada siswa-siswi tentang cara pengenalan sejak dini bidang pencegahan dan cara penanggulangan, serta bahaya kebakaran,” kata Ahmad, Kamis (15/5).

Menurut Oyok panggilan akrabnya, pihaknya menerangkan kepada siswa-siswi tentang bahaya api, cara kerja tugas pokok pekerja pemadam, dan lainnya. “Diharapkan setelah mengunjungi pemadam kebakaran, ilmunya dapat di implementasikan di lingkungan masing-masing,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Kober Hauna, Neni Suryani memaparkan, siswa-siswi yang melaksanakan kunjungan sebanyak 22 orang. Selain itu, juga didampingi 5 orang guru tutor dan 1 kepala sekolah.

Neni memaparkan, dalam kurikulum Kober ada tema semester dua yakni tema profesi salah satunya pemadam kebakaran. “Karena ada tema pemadam kebakaran, sehingga kami implementasikan melalui kunjungan ke Damkar. Tentu ini merupakan praktek lapangannya,” tegasnya.

Dia menambahkan, pemaparan yang disampaikan petugas Damkar, sangat bermanfaat untuk pengetahuan anak. Tak hanya anak saja, para totor termasuk dirinya lebih mengetahui pasti tugas dan fungsi petugas Damkar dan bahaya api. “Kini kami mengetahui tentang penanganan dini kebakaran dan cara teknis menghubungi pemadam kebakaran jika ada kejadian kebakaran di Cianjur,” imbuhnya  [KC-02]***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkenalkan Bahaya Kebakaran Sejak Dini, Kober Hauna Sambangai Damkar

Trending Now

Iklan

iklan