PELAKSANAAN Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) sepertinya masih menjadi hal yang menarik bagi sebagian besar masyarakat. Bahkan saking menariknya Pemilu tersebut merambah ke tingkat Rukun Warga (RT)an.

Seperti yang terjadi di Kampung Kedung Hilir RT 01/RW 03 Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Untuk memilih ketua RT, dilaksanakan pemilihan secara langsung seperti halnya pelaksanaan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 yang baru saja berlangsung.

Ketua Panitia Pemilihan RT 01/RW 03 Desa Sukamanah, Bisri Mustofa mengatakan, pelaksanaan pemilihan RT secara langsung tersebut merupakan salah satu upaya untuk memilih pemimpin yang demokratis atas keterwakilan masyarakat.

"Selama ini tidak kita pungkiri masih banyak dalam penentuan atau pemilihan dan pengangkatan ketua RT itu dilaksanakan dengan penunjukan atau penetapan saja. Ada juga yang melalui perwakilan yang mengatasnamakan tokoh. Melihat kondisi itulah saya mencoba dengan hal lain yakni dengan Pemilu RT yang demokratis, karena melibatkan masyarakat langsung yang memenuhi persyaratan untuk memilih," kata Bisri Mustofa didampingi angotanya Mochammad Endang supyandi, Minggu (11/5/2014).

Dikatan Bisri, pelaksanaan Pemilu RT yang dilaksanakan tersebut tidan beda jauh dengan Pemilu Legislatif, maupun Pemilukada. Diawali dengan pendataan daftar pemilih sampai puncaknya pemilihan yang dilaksanakan secara langsung umum bebas dan rahasia.

"Kita juga melakukan penjaringan bakal calon, hingga sampai penetapan calon. Proses itu kami lakukan, meski waktunya terbatas. Kita harapkan partisipasi masyarakat bisa lebih baik dari pemilu sebelumnya," paparnya.

Berdasarkan pantaun pelaksanaan Pemilu RT 01/RW 03 Desa Sukamanah itu berlangsung sangat antusias. Hingga pukul 12.30 WIB masyarakat masih ada yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di komplek SDN Hegarmanah dengan menghadirkan tiga calon ketua RT masing-masing nomor urut 1 Tedi Setiadi, nomor urut 2 Didin Nurodin dan nomor urut 3 Ajat Sudrajat. Pukul 13.00 WIB pelaksanaan Pemilu RT itu akan ditutup dan dilanjutkan dengan penghitungan surat suara hasil pencoblosan [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.