CIANJUR,[KC],- Pementasan seni sunda khas cianjuran, di era modern saat ini meski sudah jarang ditemui, dalam berbagai kesempatan pementasan hiburan atau hajatan, namun saat ini masih ada para seniman cianjur  yang memiliki kepedulian untuk mempertahankan jati diri seni tradisional warisan leluhur tersebut. Sebut saja keberadaan seni tradisional calung yang menyuguhkan hiburan atau berupa banyolan yang sangat komunikatif dengan para penontonnya, atau dapat kita temui juga pementasan kacapi suling khas cianjuran yang dilengkapi dengan tabuhan gendang, gong, hingga diiringi suara suling dan merdunya suara juru kawih.
Untuk melestarikan seni tradisional khas cianjuran khususnya, siapa lagi kalau bukan kita sebagai orang Cianjur. Hal tersebut diungkapkan Asep Juanda salah satu pelaku seni yang  saat ini menjadi komandan sanggar seni Kusumasari yang berdomisili di kampung Baru Cianjur.
Asep yang kini mengabdikan diri sebagai guru honorer di sebuah Sekolah Dasar, di sela berbagi ilmunya dengan peserta didik di sekolah, Asep juga memberikan perhatian khusus terhadap keberadaan sanggarnya. Ia menguraikan sanggar yang dipimpinnya kini menyediakan fasilitas kursus penguasaan memainkan kacapi suling dan tari tradisional. Di sam ping itu sanggar Kusumasari yang dipimpin Asep juga melayani jasa pementasan upacara adat penyambutan, yang biasanya diawali dengan kehadiran lengser dan penampilan rombongan para penari hingga upacara sungkeman dan tradisi nyawer. 
     Asep menambahkan, sanggarnya yang kini telah berusia empat tahun kerap tampil memenuhi undangan pada upacara samenan, pernikahan, pameran, dan acara seremonial kenegaraan lainnya. “Alhamdulillah sanggar kami ini meski belum lama berdiri, namun telah menorehkan prestasi-prestasi diantaranya menjuarai seni silat, pupuh dan kawih. Saya berharap masyarakat luas untuk bersama sama melestarikan dan mengembangkan kesenian sunda yang ada di Cianjur” paparnya. [KC.04]***
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.