CIANJUR, [KC].- Menjelang ramadhan dan Pemilihan Presiden (Pilpres)tahun 2014, masyarakat dihimbau untuk mewaspadai peredaran uang palsu (upal). Diindikasikan peredaran upal akan meningkat.

Demikian ditegaskan Kapolres Cianjur AKBP, Dedy Kusuma Bakti, Senin, (23/6/2014). "Transaksi menggunakan uang dipastikan terjadi peningkatan seiring dengan meningkatnya kebutuhan warga dan terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan dan pilpres nanti" kata Dedi.

Pihaknya berharap, para pedagang agar waspada ketika menerima uang kertas nominal terutama pada malam hari. Karena dikhawatirkan uang tersebut terindikasi palsu.

Namun demikian,, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan terkait dengan peredaran uang palsu di Kabupaten Cianjur. Maka dari itu, warga diminta untuk melaporkannya jika menemukan uang yang terindikasi palsu.

"Sejauh ini belum ada laporan resmi, langkah-langkah antisipasi sudah kami lakukan dengan menguatkan fungsi reskrim dan intel untuk mendeteksinya," ujar Dedy.

Meski belum ada laporan dan temuan, pihaknya memprediksikan Kabupaten Cianjur besar kemungkinan menjadi sasaran oknum pengedar upal. Mengingat Kabupaten Cianjur merupakan daerah perlintasan dari berbagai daerah.

"Bisa saja terjadi, kuncinya adalah, dilihat, diraba, diterawang dan tidak ada salahnya juga jika pedagang memiliki senter khusus untuk melihat watermark yang biasanya ada di uang pecahan kertas, agar uang palsu bisa terdeteksi," kata Dedy.

Dedy menambahkan, biasanya upal yang beredar itu pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Namun tak menutup kemungkinan peredaran upal pecahan dengan nominal di bawah Rp 50 ribu pun bisa terjadi.

"Kalau melihat kasus yang pernah terjadi biasanya (upal. Red) pecahan di atas Rp 5 ribu. Karena itu diharapkan masyarakat bisa waspada terutama ketika melakukan transaksi dengan uang nominal yang besar, kehati-hatiin itu sangat diperlukan," kata Dedy [KC-02/m]***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.