CIANJUR,[KC],- Erlina Rosinta (44) saat ini tercatat sebagai salah seorang guru SMPN 4 Cianjur sejak 1993, atau pengabdiannya mendidik anak bangsa telah ia jalani sejak 21 tahun lalu. Guru pemegang mata pelajaran Matematika ini, pada tahun 2014  dinobatkan sebagai guru berprestasi tingkat kabupaten yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu. 
Buah dari pengabdian dan pengalamannya sebagai pendidik selama 21 tahun itu, kini menghantarkan Erlina menghadapi lomba guru berpretasi di tingkat propinsi Jawa Barat yang akan berlangsung 3-6 Juni 2014 di Bandung.
Kepiawaian  dan keberhasilan berbagi ilmu kepada anak didiknya sejak bertugas di SMPN Purabaya Bandung, melalui proses pembelajaran dengan mengimplementasikan model-model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi/ pokok bahasan yang akan disampaikan, melibatkan siswa dalam membahas materi, sehingga tercipta PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efisien, dan menyenangkan). Tak urung dengan gayanya yang luwes dan ramah dalam pembawaannya saat mengajar inilah, peserta didik yang menjadi binaannya “terhipnotis” dan termovitasi hingga menyukai pelajaran matematika yang dianggap sebagai mata pelajaran menyeramkan oleh sebagian pihak.  Karakter luwes namun tegas yang  melekat pada diri Erlina, rupanya menjadi warisan  sang ibu yang juga pensiunan seorang guru.    
Saat diwawancara media online Kabar Cianjur, Erlina, bungsu dari empat bersaudara perempuan yang hobi music slow rock ini, menjelang  tandang di tingkat propinsi mengaku dirinya berupaya untuk menjadi yang terbaik,  sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Cianjur dan SMPN 4 Cianjur ke tingkat Nasional. 
Adapun persiapan yang dilakukan menghadapi lomba di tingkat propinsi itu, saat ini ia harus  melengkapi dokumen-dokumen portofolio, menyusun best practice, dan menyiapkan makalah evaluasi diri persiapan untuk tes Tulis, wawancara tentang wawasan guru dan pendidikan, serta untuk presentasi best practice. “semua terkait materi yang akan dilombakan di tingkat propinsi sudah saya persiapkan dengan matang, hingga menjaga stamina dan kesehatan tubuh”. ujar bu guru dengan pangkat terakhir Pembina Tk I ini.
 Sementara itu, di balik  prestasinya yang semakin menjulang, tak terpisahkan adanya peran dan dukungan pihak sekolah, khususnya Kepala Sekolah yang selalu memotivasi mulai dari lomba tingkat sub rayon 2, kabupaten, dan sekarang sampai ke provinsi. “apapun kebutuhan untuk mendukung pengembangan diri para guru di SMPN 4 Cianjur difasilitas pihak sekolah” pungkas alumnus matematika UPI Bandung ini.
“Tak perlu diragukan kemampuan Bu Erlina sebagai pengajar di sekolah kami, dengan berbekal pengalaman, yang  tak hanya sebagai pengajar siswa namun juga berperan sebagai instruktur maupun peserta dalam berbagai pelatihan, seminar, konferensi baik di tingkat regional, nasional, hingga internasional saya optimis dia akan menjadi yang terbaik di tingkat propinsi” harap Wati Komalawati Kepala SMPN 4 Cianjur.[KC.04]***   

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.