CIANJUR,[KC],-  Mengisi ramadhan yang penuh berkah dan magfirah, Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Cianjur melalui Lembaga Pembinaan Pengembangan Dakwah dan Sumber Daya Manusia  menggelar Pesantren Kilat Ramadhan Masjid Agung Cianjur 1435 H, kegiatan ini digelar mulai tanggal 20  hingga 24 Juli 2014  bertempat di Masjid Agung Cianjur.

Kegiatan Sanlat Ramadhan Masjid Agung 1435 H  ini dibuka langsung oleh Sekretaris Umum Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur,  H. Ahmad Yani, S.IP. Dalam sambutan, Sekretaris Umum MUI Kab. Cianjur menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya pesantren kilat ramadhan ini, karena kegiatan Sanlat Ramadhan 1435 H  sangat bermanfaat bagi peserta didik terlebih bagi generasi muda sebagai ujung tombak pembangunan bangsa.

Ia berharap kegiatan Sanlat Ramadhan Masjid Agung ini  dapat meningkatkan pengetahuan para peserta tentang agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Cianjur, Muhammad Soleh, M.Pd  dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digagas sebagai bentuk realisasi program kegiatan tahunan DPD BKPRMI Kabupaten Cianjur, dan memohon kepada DKM serta MUI dapat menindaklanjuti generasi kader Remaja Mesjid yang juga peserta sanlat ini untuk diadakan pembinaan kelanjutan melalui kajian rutin yang dilaksanakan di Masjid Agung Cianjur.

Direktur Daerah LPPDSDM BKPRMI Kabupaten Cianjur, Ustadz Ahmad Suhendar, S.PdI selaku pelaksana kegiatan  mengungkapkan bahwa kegiatan Pesantren Kilat sangat harus dilaksanakan, mengingat  pentingnya pembinaan secara intensif terhadap para remaja karena mengingat pergaulan anak remaja masa kini yang sudah cukup memprihatinkan, disamping itu sekaligus memberikan solusi terbaik dalam rangka mengisi kegiatan ramadhan dengan hal yang positif serta bermanfaat bagi keidupan pribadi anak dengan tujuan meningkatkan iman dan taqwa mereka kepada Allah SWT.

Peserta Sanlat Ramadhan Masjid Agung Cianjur ini  berjumlah 200 orang dari utusan pelajar SD/SMP/SMK dan remaja masjid se Kabupaten Cianjur dan besok dimungkinkan peserta akan bertambah dua kali lipat, dengan materi yang disajikan diantaranya Sudah betul kah sholat anda? “praktik shalat fardhu, masbuk, jama’ qasar dan jama’ qasar, bahaya penyalahgunaan narkoba bagi remaja dan pencegahannya, belajar bercerita dan menyanyi, tata cara thaharah (istinja, whudu, tayamum dan mandi junub), tentang puasa (syarat, rukun, yang membatalkan dan manfaat puasa), bimbingan tajwid praktis, akhlak dan pergaulan menurut pandangan islam, serta praktik penyelenggaraan jenazah.

Adapun para narasumber yang hadir antara lain Pengurus LPPDSDM BKPRMI, Pengurus DPD BKPRMI Kab. Cianjur, Polres Cianjur, Ketua BNNK Kab. Cianjur, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Cianjur, dan Tim Assatidz dari Pondok Pesantren Nurul Huda Cianjur.

Sanlat Ramadhan ini sendiri mengangkat tema mewujudkan generasi muda yang berkarakter menuju insan muttaqin, dengan tujuan untuk menjalin ukhuwah Islamiyah dan mempererat tali sailaturrahmi peserta didik  dan remaja masjid se-Kab. Cianjur, meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT menjalankan segala perintah dan menjauhi semua bentuk larangan-nya. 

Rencananya kegiatan  akan ditutup  secara resmi pekan depan sekaligus pelaksanaan buka bersama dan diskusi refleksi Remaja Mesjid dan reuni pengurus DPD BKPRMI Kabupaten Cianjur, serta Alumnus Pesantren Kilat Masjid Agung Mulai Angkatan Tahun 1999 hingga Angkatan 2013 bekerjasama dengan Yayasan Cindev, sebuah yayasan yang bergerak dibidang keagamaan, sosial dan kemanusiaan. [KC.01]***
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.