CIANJUR,[KC],- Sedikitnya 40 orang personil Tanggap Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Cianjur siap untuk diterjunkan membantu dalam pengamanan hari raya Idul Fitri 1435 H. Satuan tugas pengamanan (satgaspam) lebaran dari Tagana itu akan ditempatkan di pos utara dan selatan.

"Kami siap memberikan kenyamanan dan keamanan untuk pemudik yang akan pulang kampung merayakan lebaran bersama keluarganya," kata Koordinator Tagana Kabupaten Cianjur, Ceceng Suryana, Senin (21/7).

Menurutnya, pengamanan lebaran oleh Tagana mulai digelar menjelang hari raya Idul Fitri dan berakhir satu minggu setelah hari raya. Dari jumlah personil Tagana yang ada ini akan dibagi menjadi dua regu. Regu pertama sebanyak 20 personil akan ditempatkan di Pospam Cianjur Selatan Tanggeung dan 20 personil lagi di Pos utara yang berlokasi di Kantor Dinas Sosial Cianjur.

"Mulai H-2 personil kami sudah ditempatkan di masing-masing Pospam untuk membantu  pengamanan para pemudik. Kita juga akan bergabung dengan petugas kepolisian yang menggelar pengamanan," ujar dia.

Dia mengatakan, dalam pengamanan nanti Tagana akan bergabung di posko terpadu bersama dengan pihak kepolisian, Dishubkominfo, Satpol PP, dan TNI AD. Selain itu, Tagana juga akan membangun posko penanggulangan kecelakaan dan pemberian pertolongan pertama kepada pemudik yang menggunakan roda dua dan empat.

"Posko terpadu itu dibangun di titik rawan kecelakaan dan di jalur padat oleh  pengendara saat arus mudik. Untuk petugas akan kita maksimalkan, semua personel Tagana yang terbagi dua regu ini siap di mobilisasi," jelas Ceceng.

Personil Tagana ungkap Ceceng, selain berada di posko terpadu, Tagana juga akan bergerak membantu tugas kepolisian dalam mengurai arus kemacetan saat lalu lintas dipadati oleh pemudik. Sebab, hampir dipastikan arus mudik untuk lebaran tahun ini sama seperti lebaran tahun lalu dipadati pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan umum.

"Petugas pengamanan tidak cukup berada di posko saat menjelang arus mudik. Tentunya semua petugas akan di mobilisasi mengamankan arus mudik dan mengurai kemacetan arus lalu lintas demi kelancaran bagi pemudik," cetusnya.

Dia menghimbau kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat, baik kendaraan pribadi maupun umum tetap menjaga keselamatan saat berada di jalan raya. Sehingga mereka bisa selamat sampai ke tujuan dan dapat merayakan lebaran bersama keluarga.

"Kami berharap para pemudik harus hati-hati agar selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul dengan keluarga besarnya. Sebab, jalur arus mudik di mana pun masih dibayangi rawan kecelakaan yang banyak menimbulkan korban jiwa saat arus mudik lebaran ini," pungkasnya [KC.03]***
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.