CIANJUR, [KC].- Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur tengah melakukan penyisiran bagi guru yang belum mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013. Para guru yang kedapatan belum mengikuti, diharuskan segera untuk mengikutinya.
Kepala Bidang (Kabid) SMP, Badawi didampingi Kasi Kurikulum Bidang SMP, Heni Supanti mengatakan, hingga saat ini terdaftar sekitar 2.194 guru SMP sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013. "Kalau melihat jumlah guru SMP yang mencapai 3.218 orang, berarti masih banyak yang belum mengikuti pelatihan," kata Badawi, Kamis (14/8).
Menurut Badwi, pelatihan kurikulum 2013 tersebut tidak hanya diikuti oleh para guru saja, tapi juga ppara Kepala Sekolah dan para pengawas dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur. "Ada 102 Kepala Srkolah baik negeri maupun swasta dan 11 pengawas yang mengikuti pelatihan kurikulum 2013," katanya.
Hingga saat ini pelatihan kurikulum 2013 tersebut sudah memasuki 5 angkatan yang dilaksanakan 6 TPK (Tempat Pelaksanaan Kurikulum) diantaranya di TPK 1 di SMPN 1 Cianjur, TPK 2 di SMPN 2 Cianjur, TPK 3 di SMPN Cipanas, TPK 4 di SMPN Ciranjang, TPK 5 di SMPN Sukanagara dan TPK 6 di SMPN Cidaun.
Pelatihan kurikulum 2013 itu kata Badawi, dilaksanakan oleh 9 guru Mapel (Mata Pelajaran) dan BK (Bimbingan Konseling) baik PNS maupun honorer. Semua guru wajib mengikutinya dengan tujuan implementasi kepada guru sasaran, Kepala Sekolah,dan Pengawas. Sedangkan para nara sumbernya berasal dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang punya dedikasi bagus dan sudah lulus tes.
"Sehingga pada pelaksanaanya mereka benar-benar sudah siap. Apabila guru tersebut tidak mengikuti pelatihan angkatan ke satu maka dia wajib mengikuti diangkatan kedua begitu seterusnya. Saat ini sedang dilaksanakan pelatihan selama 5 hari di TPK masing-masing hingga Jumat (15/)," katanya.
Pihaknya berharap, pelatihan kurikulum 2013 bagi para guru SMP itu tuntas dan sukses dutambah guru- guru bisa menyerap semua implementasi 2013. "Pelatihan angkatan yang ke 5 ini untuk mengcover semua guru yang belum mengikuti pelathan kurikulum 2013," katanya.
Pihaknya juga mentargetkan, pelatihan kurikulum 2013 ini semua guru baik PNS maupun honerer yang sudah mempunyai NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) maupun yang belum mempunyai NUPTK mengikuti pelatihan. "Implementasi kurikulum 2013 ini diberikan ke siswa kelas 7 dan 8," tegasnya [KC-02/yr]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.