CIANJUR, [KC].- Agar pelayanan terhadap persoalan terkait dengan kesehatan hewan ternak bisa teratasi, Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kab. Cianjur mencetak kader mandiri untuk melayani kesehatan hewan dimasyarakat. Salah satu yang tengah dilaksanakan adalah melakukan sejumlah pelatihan bagaimana cara menangani kesehatan hewan.
Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kab. Cianjur, Ir. Hasan didamping Kepala Seksi Program, Ade Sudarma mengatakan, fungsi dari kader yang di didik dengan berbagai pengetahuan bagaimana cara menangani kesehatan hewan, mereka nantinya harus terjun di lingkungannya masing-masing. Mereka harus siap melayani, jika ada masyarakat peternak membutuhkan bantuannya.
"Mereka kader ini harus siap melayani kebutuhan kesehatan hewan di masyarkat khususnya petani ternak domba atau ternak lainnya. Diharapkan nantinya ternak yang di budidayakan masyarakat dapat menuai hasil yang memuaskan, baik di bidang kesehatan hewan ataupun bidang ekonominya," kata Hasan disela kegiatan pelatihan kader kesehatan hewan di areal kandang domba kelompok ternak "Sukaresmi" di Kampung Sukaresmi Desa Pasirbaru Kecamatan Pagelaran, Cianjur selatan, Jum'at (29/8).
Dalam pelatihan tersebut difokuskan bagi para kader yang ada diwilayah UPTD Bidang Kesehatan Hewan Kecamatan Sukanagara yang meliputi beberapa wilayah di Cianjur selatan. Mereka mendapatkan materi dari para dokter hewan yang terlatih sesuai dengan bidangnya.
"Pelatihan kader kesehatan hewan ini akan terus kami gencarkan. Terutama didaerah basis peternakan masyarakat. Mereka nantinya yang bersentuhan langsung dengan peternak dimasyarakat. Mulai dari bagaimana menangani persoalan kesehatan hewan sampai bagaimana mempertahankan kesehatan itu sendiri," tegasnya.

Ketua Kelompok Ternak Domba "Sukaresmi" Ahmad Jae mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah Dinas Peternakan dalam mencetak kader mandiri untuk kesehatan hewan. Langkah tersebut sangat bermanfaat bagi para peternak jika dalam perjalanan menemukan kendala mengenai kesehatan ternak.
"Kita jadi lebih tahu dan memahami dengan benar, bagaimana cara merawat ternak dengan baik dan bagaimana menangani ternak jika bermasalah dengan kesehatan. Kita tahu ini berkat pelatihan yang diberikan kepada yang ahlinya," kata Jae.
Selama ini, kata Jae, banyak peternak yang bermasalah ketika menghadapi ternak mereka bermasalah dengan kesehatannya. Tidak jarang ternak yang sakit karena kurang memahami bagaimana cara penanganannya hinga berakibat fatal sampai mati.
"Dengan adanya pelatihan kader mandiri ini untuk kesehatan hewan, kami para peternak jauh lebih faham dan mengerti bagaimana memperlakukan hewan ternak dengan baik dan benar. Sehingga jika kami menemukan masalah dengan kesehatan hewan minimalnya bisa tertangani," katanya [KC-02/j]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.