CIANJUR, [KC].- Kawanan maling spesialis tower BTS berhasil menggasak puluhan meter kabel tembaga yang terpasang di tower BTS milik salah satu perusahaan telkomonikasi di Kampung Kedung Hilir RT 02/RW 04 Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kab. Cianjur Minggu (24/8) dinihari.
Berdasarkan pantauan dilokasi kejadian, setidaknya terlihat lima kabel sebesar lengan orang dewasa itu yang semula tersambung ke arajh puncak tower setingga 60 meter itu, setengahnya raib. Puluhan klem kabel terlihat berserakan dibawah tower ditinggalkan pelakunya.
"Kelihatanya pelakunya tidak mungkin sendiri, karena harus memanjat begitu tinggi, belum lagi harus membongkar dan memotong kabel diketinggian sekitar 30 meter. Apalagi harus menarik keluar dari areal tower, itu perlu tenaga ekstra, tidak mungkin sendiri," kata H. Sutisna (60) pemilik lahan yang disewa oleh perusahaan telkomonikasi saat ditemui, Minggu (24/8).
Menurut H. Sutisna, terungkapnya pencurian tersebut bermula saat ini dengan tidak sengaja berjalan melalui samping pinggir tower bermaksud mau pergi ke sawah. Saat melihat kawat berdiri pagar samping kanan rumahnya atau persisnya samping tower terlihat berantakan seperti diputus dengan sengaja.
"Saya langsung curiga, pasti ada orang tidak bertanggungjawab masuk kedalam pagar. Saya kira ayam saya dikandang yang dicuri. Tapi saat melihat sawah saya yang baru ditanami padi acak-acakan saya mempunyai kecuriagaan lain. Ternyata saat melihat pagar tower sudah terbuka, seperti dibuka paksa," katanya.
Kecurigaanya semakin bertambah saat melihat kedalam pagar tower terlihat puluhan klem kabel berwarna hitam berantakan. Ditambah lagi terlihat bekas potongan kabel dibawahnya dan melihat sejumlah kabel tidak ada ditempatnya.
"Yakin ini aksi pencuri spesialis tower BTS. Ini kejadian pertama di tower ini. Dulu sebelum buat pintu sendiri tidak melewati pintu pagar rumah saya selalu saja ada yang betulin atau ngecek malam-malam dan berteriak minta ijin. Tapi setelah saya suruh buat pintu sendiri saya tidak pernah tahu," katanya.
Dia menduga, peristiwa itu terjadi menjelang subuh. Pelakunya lebih dari seorang. "Kalu dilihat dari bekas menarik kabelnya, sepertinya lebih dari seorang dan menggunakan kendaraan roda empat. Kalau jalan kaki sepertinya tidak mungkin, selain berat akan mengundang kecurigaan," katanya.
Perkiraan kalau pencuri itu beraksi menjelang subuh juga dikuatkan dengan pengakuan Nyoman (45) seorang warga yang melakukan ronda malam. Meski bukan diwilayahnya, namun tempat kejadian pencurian berbatasan antara RT 01 dengan RT 02/RW 03 Kampung Kedung Hilir.
"Semalam pada ronda sekitar pukul 02.00 WIB tidak ada yang mencurigakan. Karena saat ronda sampai dengan perbatasan tidak jauh dari lokasi kejadian. Itu baru perkiraan saja, lagian wilayahnya berbeda, bukan termasuk wilayah RT saya, tapi sepertinya RT sebelah tidak ada ronda," kata Nyoman yang merupakan Anggota TNI aktif itu.

Ketika dikonfirmasikan ke Polsek Cugenang, aksi pencurian yang menimpa tower BTS tersebut belum masuk. "Belum ada laporan adanya pencurian tower BTS, kita tunggu laporannya dari pemiliknya," Kanit Intel Polsek Cugenang Aiptu Ribowo [KC-02]**. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!









Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.