CIANJUR, [KC].- Tahun 2014 ini merupakan tahun prestasi bagi pabrik AQUA (PT. Tirta Investama) di Jalan Raya Gekbrong Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong Kab. Cianjur. Paling tidak dua penghargaan tahun ini berhasil diraih oleh perusahaan air mineral itu.

Dua penghargaan yang di raih tersebut dengan pridikat Platinum di kategori yang  berbeda pada ajang gelar karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award 2014 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Corporate Forum  Comunity Development (CFCD). 
Penghargaan yang diterima pada tanggal  20 Agustus 2014 di Hotel Kartika Candra Jakarta itu diberikan langsung oleh Dr. Pamuji Lestari, Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kemenkokesra RI, Sudjana Rayat, Deputi Bidang Penanggulangan Kemiskinan Kemenkokesra RI, Ir. Arief Setiabudy Canny, Staf Ahli Menteri Bidang Tata Ruang, Pertanahan dan Pemukiman, dan  Sukanti, Deputi 1 Pengarustamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan, dan Anak.

Stakeholder Relation (SR) PT. Tirta Investama Cianjur Nurul Iman, Minggu (24/8) mengatakan, pada ajang GKPM Award 2014 ini, PT. Tirta investama Cianjur bersaing keras dengan puluhan perusahaan nasional dan multinasional. Seperti Pertamina, Kideco, Telkom, Cipta Karya, Inalum, ITM, Bank Mandiri, Wijaya Karya, HM Sampoerna dan lainya.
 
Untuk kategori GKPM Award 
2014-CSR best practice for MDGs. PT. Tirta Investama Cianjur mengikutkan dua kategori program yaitu program pemberdayaan masyarakat dengan Pertanian Terpadu di Kecamatan Gekbrong. Program ini sebagai wujud dari tujuan ke-1 MDGs yaitu bidang penciptaan lapangan kerja baru dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

"Program kedua yaitu fasilitasi air bersih, sanitasi dan pola hidup bersih untuk masyarakat di 2 desa Kec. Gekbrong sebagai wujud dari tujuan ke-7 MDGs yaitu bidang program penciptaan akses terhadap air bersih /minum dan sanitasi lingkungan," paparnya.
Sementara itu, Direktur Corporate Communication AQUA Grup, Troy Pantouw mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada AQUA Grup ini merupakan capaian atas kerja sama seluruh pihak dalam mengembangkan program pemberdayaan masyarakat. Karena, tanpa dukungan dan kerja sama yang erat dari pemerintah pusat, daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai mitra pelaksana, dan masyarakat itu sendiri, program pemberdayaan masyarakat ini tidak dapat berjalan secara berkelanjutan.  
"Oleh karenanya, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut dalam proses pencapaian program," ujar Troy. 
Partisipasi masyarakat, menurut Troy, merupakan unsur yang terpenting agar program yang dijalankan dapat terus berlanjut manfaatnya.  Dalam setiap program pemberdayaan, masyarakat didorong untuk terlibat aktif mulai dari perencanaan, implementasi sampai dengan monitoring dan evaluasi program.
"Mereka dibekali dengan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dalam mengelola organisasi dan juga kemampuan teknis untuk menjalankan program," tambahnya. 
Troy mengungkapkan, dengan adanya penghargaan ini tidak berarti AQUA sudah sempurna,  melainkan masih banyak lagi perbaikan dan penyempurnaan di banyak aspek. "Penghargaan ini dapat menjadi pemicu untuk terus berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat dengan terus menjalankan program sosial dan lingkungan di bawah payung AQUA Lestari." paparnya. 
Dia memaparkan, AQUA Lestari adalah inisiatif keberlanjutan perusahaan yang berakar dari pemikiran pendiri Danone dan AQUA, yaitu Komitmen Ganda, yang percaya bahwa keberhasilan bisnis harus berjalan seiring dengan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan AQUA Lestari dikembangkan dengan pendekatan berbasis sub Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dijalankan dari hulu sampai dengan hilir. "AQUA Lestari terdiri atas empat pilar, yaitu Pelestarian Air dan Lingkungan, Perusahaan Ramah Lingkungan, Pengelolaan Distribusi Produk dan Pemberdayaan serta Pelibatan Masyarakat," tambahnya [KC-02/da]**.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!









Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.