‎​
CIANJUR, [KC].- Sebanyak 11 ribu rumah di Kabupaten Cianjur masuk dalam kategori rumah tidak layak huni (Rutilahu). Rutilahu tersebut saat ini sebagian tengah ditangani untuk dilakukan perbaikan melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Republik Indonesia.
Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kab. Cianjur, Yoni Raleda mengatakan, 11 ribu rutilahu tersebut sudah diusulkan untuk mendapatkan bantuan. Namun belum bisa seluruhnya tercover oleh bantuan tersebut.
"Jumlah 11 ribu itu saat kami mengusulkan pada empat tahun lalu. Hingga saat ini sebagian sudah tertangani bantuan. Jumlahnya sampai tahun 2014 ini sekitar 5 ribu rutilahu," kata Yoni saat dihubungi, Kamis (18/9).
Dikatakan Yoni, pada tahun 2014 ini, rutilahu yang tertangani bantuan BSPS berada disejumlah wilayah kecamatan. Dari beberapa wilayah ada diantaranya yang sudah selesai dilaksanakan dan ada yang baru akan dilaksanakan.
"Untuk yang sudah dilaksanakan dan saat ini sudah selesai dibangun berada diwilayah Kecamatan Warungkondang. Jumlahnya sekitar 900 rumah berada di 4 desa yaitu Desa Cieundeur, Desa Cikaroya, Desa Sukamulya dan Desa Tegalega," katanya.
Dalam pelaksanaanya, semuanya dikerjakan oleh konsultan, baik dari mulai pendataan maupun pelaksanaan bantuan. "Kami sifatnya sebatas monitoring, pelaksanaannya dikerjakan oleh konsultan," katanya.
Pelaksana Konsultan PT. Citrayasa Persada, Yayat Hidayat mengatakan, pada tahun 2014 ini di Kabupaten Cianjur mendapatkan bantuan untuk perbaikan rutilahu melalui program BSPS Kemenpera RI sebanyak 1.409. Dari jumlah tersebut empat desa diwilayah Kecamatan Warungkondang sudah selesai dilaksanakan.
"Untuk tahap pertama ada 4 desa yang sudah selesai dilaksanakan. Tahap kedua yang akan dilaksankan terdapat 10 desa, dua diwilayah Kecamatan Warungkondang dan 8 berada diwilayah Kecamatan Cipanas dan Pacet," kata Yayat saat ditemui terpisah.
Ditargetkan pada awal bulan Oktober 2014, pelaksanaan pembangunan harus sudah bisa dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada penerima bantuan. "Pada minggu ke empat Desember 2014, kita menargetkan seluruh pelaksanaan pembangunan harus sudah selesai," katanya [KC-02]**.



Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.