CIANJUR, [KC-02].- Hewan korban yang diperdagangkan di Kabupaten Cianjur harus lulus pemeriksaan kesehatan dan mengantongi label sehat. Jika tidak, hewan-hewan tersebut dilarang untuk diperdagangkan.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelauatan (DPPK) Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali, Selasa (9/9). Djoni mengaharuskan kepada setiap pedagang hewan kurban di Cianjur agar terlebih dahulu mengantongi surat rekomendasi sehat.

"Tentunya kami akan mengawasi mereka (para penjual hewan kurban). Tanpa surat rekom itu, pedagang tidak boleh berjualan hewan kurban. Hewan yang dijual harus benara-benar sehat dan layak," kata Djoni.

Meski pelaksanaan Idul Adha kurang dari satu bulan, pemeriksaan hewan ternak terus dilakukan. Pihaknya menjamin hewan kurban yang masuk ke Cianjur terbebas dari penyakit. "Kebutuhan hewan kurban di Cianjur itu kebanyakan dipasok dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kita rutinkan pemeriksaan hewan ternak itu," katanya.

Pihaknya juga mengaku, hingga saat ini di Cianjur belum ada lonjakan arus lalu lintas hewan ternak dari luar daerah masuk ke Cianjur. Pihaknya memprediksikan, tahun ini hewan ternak untuk kurban itu akan didominasi sapi. "Hewan kurban yang paling dominan adalah sapi. Lonjakannya bisa di atas 20 persen menjelang Idul Adha," tegasnya.

Untuk itu, Djoni menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati saat membeli hewan kurban. Hal ini dilakukan karena memang tidak menutup kemungkinan ada hewan kurban yang tak layak dijual lolos dari pemeriksaan, namun tetap saja diperdagangkan.

"Kita ingin setiap hewan ternak kurban yang lolos kesehatan dilabelisasi dengan kode sehat dengan diberi tanda semacam gelang atau sejenisnya. Labelisasi ini penting agar masyarakat bisa tahu mana hewan kurban yang sehat dan tidak. Ini untuk memudahkan pembeli menentukan pilihanya," jelasnya [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.