CIANJUR, [KC].- Sedikitnya 63 siswa dan siswi dari SMAN I Cilaku mengunjungi Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) di Jalan Gadog Desa Gadog Kec. Pacet Kab. Cianjur, Rabu (3/9). Kedatangan puluhan siswa dan siswi tersebut tidak lain untuk mengenal lebih dakat layanan yang diberikan oleh PLUT-KUMKM.

Dalam prakteknya, PLUT-KUMKM Kab. Cianjur memliki 7 layanan diantaranya Konsultasi Bisnis KUMKM, Pendampingan atau Mentoring Bisnis, Fasilitas Akses Pembiayaan, Pemasaran dan Promosi, Pendidikan dan Pelatihan, Networkong serta Layanan Pustaka Enttrepreneur.

Puluhan siswa siswi SMAN I Cilaku yang datang didampingi sejumlah guru tersebut langsung diterima diruang aula PLUT-KUMKM oleh Ketua PLUT-KUMKM Dedi Sudiana. Dalam pertemuan tersebut para siswa diberikan sejumlah materi terkait dengan 7 layanan PLUT-KUMKM oleh para konsultan.

Acara berlangsung sangat atraktif, para siswa dan siswi terlihat antusias mendengarkan pemaparan dari para konsultan PLUT-KUMKM yang membidangi beberapa layanan. Acara semakin hidup mana kala konsultan menyampaikan materi diselingi dengan beberapa gem ringan.

Diakhir acara, para siswa dan siswi diajak untuk berdiskusi berkaitan dengan materi yang disampaikan. Terlihat sejumlah siswa menyampaikan pertanyaan mengenai layanan PLUT-KUMKM. Para konsultan yang bertindak sebagai nara sumber memberikan jawaban lebih praktis dan lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh para siswa dan siswi. Bahkan sesekali diiringi gelak tawa oleh para siswa dan siswi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Cianjur Ridwan Ilyasin, Ketua Lembaga Kebudayaan Cianjur Deni Rusyandi, dan sejumlah Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kementerian Koperasi yang bertugas di Kab. Cianjur.

"Kita sengaja datang ke PLUT-KUMKM ini untuk mengenal lebih dekat, ada apa sebenarnya. Ternyata disini merupakan tempat yang pas bagi para siswa untuk mengenal lebih jauh mengenai kewirausahaan. Karena disini (PLUT-KUMKM) sudah disiapkan konsultan-konsultannya," kata Asep Oman perwakilan Guru ekonomi SMAN I Cilaku saat ditemui disela kegiatan.

Kedepannya tidak menutup kemungkinan, para siswa akan diajak secara bergiliran datang ke PLUT-KUMKM untuk belajar mengenai kewirausahaan. Hal itu sesuai dengan pelajaran yang mereka dapatkan disekolah. "Kurikulum sekarang itu setiap guru harus memapu menyampaikan materi kewirausahaan, tidak hanya guru ekonomi, tapi guru-guru mata pelajaran lainnya. Kedatangan kami ke PLUT-KUMKM ini merupakan hal yang tepat, mungkin saya secara pribadi sudah tahu seperti ini akan kembali datang untuk lebih mengenal dan belajar," katanya  [KC-02]**.

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.