CIANJUR, [KC].- Sejumlah warga negara asing yang pernah berkunjung ke Situs Gunung Padang di Kampung Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kec. Campaka, Kab. Cianjur mengaku terkagum saat melihat dari dekat. Bahkan mereka menganggap Gunung Padang sebagai budaya leluhur mereka.
Hal itu dikatakan Juru Pelihara (Jupel) Situs Gunung Padang, Nanang saat ditemui di areal Situs Gunung Padang, Selasa (16/9). Nanang mengaku, turis mancanegara yang datang ke Situs Gunung Padang, rata-rata takjub atas keberadaan situs yang didaerah mereka sulit untuk ditemui.
"Mayoritas yang datang berkunjung itu ingin membuktikan sebagaimana pemberitaan media yang mereka dapatkan. Semunya terkesan saat menyaksikan dari dekat tentang Situs Gunung Padang, baik fisik, alam dan arsitekturnya dianggap luar biasa," katanya.
Diakui Nanang, dari hasil diskusi dengan sejumlah turis mancanegara itu, banyak diantaranya yang menganggap bahwa Situs Gunung Padang merupakan bagian dari leluhirnya. "Ia banyak yang saya jumpai mereka bilang kalau Situs Gunung Padang bagian dari leluhurnya, mereka menganggap itu berdasarkan sejarah yang mereka pelajari," tegasnya.
Dari sejumlah turis mancanegara yang berkunjung ke Situs Gunung Padang berasal dari Canada, Jerman dan Inggris. "Ada yang menarik dari turis Jerman, ia berpesan dan minta tolong agar menjaga dan jangan mengotori Situs Gunung Padang, dengan alasan karena situs tersebut peninggalan nenek moyangnya," katanya.

Jumlah Pengunjung Meningkat
Semenjak rame pemberitaan mengenai keberadaan Situs Gunung Padang yang dimungkinkan usianya 5200 sebelum masehi itu, berpengaruh pada jumlah kunjungan. Hingga saat ini jumlah kunjungan terus mengalami peningkatan.

"Untuk turis mancanegara rata-rata diperkirakan 20-25 orang per bulan. Tapi kalau secara umum dalam satu bulan mencapai sekitar 6000 pengunjung. Padahal sebelumnya sangat sedikit," kata Nanang.
Sebagai Jupel Situs Gunung Padang, pihaknya selalu menyampaikan kepada pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga keberadaan situs. Apalagi saat ini tengah dilakukan penelitian oleh Tim Nasional.

"Kami selalu menghimbau kepada pengunjung agar selalu menjaga kebersihan diareal situs dan tidak merusak keberadaan situs. Ini merupakan komitmen kami sebagai Jupel, agar keberadaan situs ini tidak rusak," katanya [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!







Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.