Iklan

iklan

Ditinggal Bekerja, Rumah Buruh Tani Terbakar

Sunday, October 26, 2014 | 5:11:00 AM WIB Last Updated 2014-10-26T09:19:28Z
CIANJUR, [KC].- Sebuah rumah panggung berukuran 5x8 meter milik Herman (28) di jalan raya Jonggol Kampung Pasir Astana RT 02/RW 04 Desa Sindang Raja Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur, Sabtu (25/10/14) ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, kerugian materi ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Dugaan penyebab kebakaran dari konsleting listrik.
Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Saat rumah dalam kondisi kosong ditinggal penghuninya. Herman yang berprofesi sebagai buruh taani itu belum pulang kerumahnya. Sedangkan istrinya Wulandari tengah mengantar anaknya berobat.
"Tiba-tiba api sudah membesar, kami bersama masyarakat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi sulit untuk dipadamkan, kami berupaya agar api tidak menjalar ke bangunan rumah lainya," kata Dedi (52) punduh IV RT 01/RW 04 Kampung Pasir Astana , Desa Sindangraja.
Kapolsek Sukaluyu AKP Achmat Suprijatna membenarkan adanya kebakaran yang meluluhlantakkan sebuah rumah panggung. Saat kejadian rumah dalam kondisi terkunci ditinggal penghuninya.
"Keterangan yang kita dapatkan, penghuni rumah tengah memasak dengan menggunakan rise coocker sebelum ditinggal pergi. Dugaan sementara dari sambungan listrik yang konslet hingga menyebabkan terjadinya kebakaran," kata Achmad saat dihubungi terpisah.
Dugaan dari konsleting listrik diperkuat dengan ditemukannya sekitar 100 meter kabel bukan sambungan dari PLN dalam keadaan kebakar. "Hasih pengecekan di TKP di dapati sambungan listrik (mencantol) dari rumah orang tuanya bernama Uwed. Jarak penyambungan dari rumah orangtuanya sekitar 100 meter dengan melawati genting rumah tetangga korban sebanyak tiga rumah," jelas Achmad.
Atas kejadian tersebut pihaknya kemudian memberika penerangan kepada masyarakat di TKP tentang bahaya penggunaan kabel ukuran kecil (bukan peruntukan PLN) tanpa seijin PLN. "Kita himbau kepada masyarakat tidak coba-coba menggunakan kabel yang bukan keperuntukannya dalam menyambung listrik, karena akan berakibat fatal menyebabkan terjadinya konsleting listrik dan kebakaran," katanya [KC-02]***.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ditinggal Bekerja, Rumah Buruh Tani Terbakar

Trending Now

Iklan

iklan