CIANJUR, [KC].- Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Cianjur tengah mengusulkan untuk pemindahan lokasi Tempat Pembuanga Akhir Sampah (TPAS) Pasir Sembung Kecamatan Cilaku ke tempat TPAS baru. Pasalnya TPAS Pasir Sembung saat ini sudah ever load dan tidak idial lagi.
Kepala DKP Kabupaten Cianjur, Rika Ida Mustikawati mengungkapkan, keberadaan TPAS Pasir Sembung sudah tidak tepat lagi dijadikan TPAS. Solusinya perlu TPAS baru dengan konsep pengelolaan modern serta sentuhan tekhnologi.
"Kita sudah mengusulkan untuk pemindahan TPA Pasir Sembung, karena sudah over load. Rencananya ada di daerah Mekarsari Kecamatan Cikalongkulon. Mudah-mudahan bisa segera terealisasi agar persoalan sampah di Cianjur bisa tertangani seluruhnya," kata Rika (17/10/14).

Dikatakan Rika, rencana TPAS Mekarsari tersebut berada diatas lahan seluas 100 hektar. Bahkan dimungkinan menjadi TPAS regional Jawa Barat. "TPAS regional di Mekarsari Cikalongkulon sudah masuk kajian tahun kemarin, termasuk masterplane dan DEDnya, cuma masalah tanah harus dikembalikan ke daerah. Tahun
2012 sudah masuk usulan 10 hektar, tapi sampai saat ini belum realisasi," katanya.

Tidak hanya menyiapkan solusi TPAS baru di Mekarsari Cikalongkulon, untuk mengatasi sampah diwilayah Cianjur bagian selatan juga rencananya akan disiapkan TPAS yang lokasinya berada diwilayah Pageurmaneuh Kecamatan Tanggeung. "Untuk lokasi Pageurmaneuh Tanggeung sudah siap," katanya.
Seperti diberitakan, dalam sehari volume sampah yang ada di Cianjur diperkirakan mencapai sekitar 633 kubik. Dari jumlah tersebut hanya sekitar 250 kubik sampah per hari yang terangkut.
"Masih banyak sampah yang tidak terangkut, salah satunya akibat minimnya sarana yang kita miliki. Apaboleh buat kita memaksimalkan armada yang ada, meski untuk itu harus membayar mahal unuk operasionalnya," kata Rika.

Untuk mengangkut sampah yang maksimal, idialnya di Kabupaten Cianjur memiliki armada pengangkut sampah sebanyak 70 truk. "Kalau melihat jumlah titik layanan, kita memiliki 23 titik. Idialnya setiap titik ada 2 saja armada. Berarti minimal harus ada 46 kendaraan baru terlayani, apalagi permintaan dari masyarakat cukup tinggi," katanya [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.