CIANJUR, [KC].- Meski angka kemiskinan di Kabupaten Cianjur trendnya mengalami penurunan, namun jumlahnya tidak signifikan. Hal ini membuktikan bahwa daya beli masyarakat Cianjur perlu ditingkatkan untuk terus menekan angka kemiskinan.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cianjur Suharno melalui Kepala Seksi (Kasi) Statistik Sosial, Dedi Sugandi mengatakan, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan, angka kemiskinan di Kabupaten Cianjur tahun 2013 mencapai 267.887 jiwa. Jumlah tersebut menurun dibandingkan dengan angka kemiskinan pada tahun 2012 sebesar 292.219 jiwa.
"Kalau melihat data memang mengalami penurunan. Tahun 2012 silam prosentase penduduk miskin di Kabupaten Cianjur mencapai 13,18 persen, pada tahun 2013 menurun menjadi 12,02 persen. Berarti ini ada sejumlah peningkatan daya beli masyarakat meski tidak signifikan," kata Dedi saat dihubungi, Senin (27/10/14).
Dikatakan Dedi, salah satu faktor yang menyebabkan turunnya angka kemiskinan di Kabupaten Cianjur tidak terlepas semakin menggeliatnya industri sehingga semakin banyak menyerap tenaga kerja. Selain itu semakin berkembangnya sektor perdagangan juga menjadi salah satu indikasinya.
"Cianjur ini juga terkenal sebagai menyumbang TKI cukup banyak. Mereka banyak yang cukup berhasil ditandai dengan samakin tingginya kiriman uang ke keluarganya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan turunya angka kemiskinan," paparnya.
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur Sudrajat Laksana mengatakan, salah satu upaya untuk menekan terjadinya kemiskinan yang terjadi di Kabupaten Cianjur, saat ini telah ada Dewam Ketahanan Pangan (DKP). Organisasi tersebut diharapkan mampu berbuat banyak dalam rangka pembangunan ketahanan pangan.
"Salah satu tujuan dibentuknya DKP tidak lain untuk menjamin ketersediaan pangan yang cukup, baik dari segi jumlah, mutu, keamanan dan keragaman sehingga setiap rumah tangga mampu mengkonsumsi pangan setiap saaat. Tidak hanya itu rumah tangga juga mampu mengkonsumsi pangan yang cukup, aman, bergizi dan sesuai pilihannya untuk menjalani hidup sehat dan produktif," katanya.

Untuk mewujudkan itu semua, perlu dukungan semua pihak. Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan rakyat. "Kita harapkan dengan berbagai program yang ada, angka kemiskinan di Kabupaten Cianjur ini bisa ditekan semaksimal mungkin. Meningkatnya daya beli masyarakat otomatis akan menurunkan angka kemiskinan," paparnya [KC-02]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.