CIANJUR, [KC].- Untuk mendorong dan menumbuhkembangkan minat baca dimasyarakat, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) akan melaksanakan road show ke berbagai provinsi dan kabupaten/kota salah satunya di Cianjur. Sedianya Perpusnas akan mendatangi Cianjur pada Senin (27/10) mendatang.

"Kami akan memfasilitasi Perpusnas, kami yakin road show yang insya Allah akan dibuka Bupati itu akan berjalan lancar dan sukses, dan memperoleh hasil yang memuaskan dengan meningkatnya minat baca di wilayah Kabupaten Cianjur ini," kata Kepala Arsif dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Cianjur,  Supanji, Kamis (16/10).

Dikatakan Supanji, road show perpusnas tersebut bertujuan untuk merangsang warga masyarakat, khususnya para pelajar di Cianjur agar lebih giat dan lebih gemar lagi dalam membaca aneka jenis buku berbagai disiplin ilmu, dengan memanfaatkan buku-buku yang ada di berbagai perpustakaan.

Jika tujuan road show tersebut terealaisasi, kata Supanji, pihaknya sangat yakin pengetahuan warga masyarakat Cianjur, khususnya para pelajar akan cepat bertambah. "Banyak buku berbagai disiplin ilmu, maka pengetahuan mereka dengan sendirinya akan cepat bertambah karena membaca adalah kuncinya ilmu," katanya.

Dikatakan Panji berdasarkan penilitian Unesco tahun 2010, minat baca masyarakat Indonesia di Asean ternyata sangat rendah, karena hanya menduduki peringkat ketiga terbawah, yakni di atas Kamboja dan Laos. Itu berarti minat baca masyarakat Indonesia kalah oleh negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Vietnam.

"Jika dirata-ratakan, setiap bulannya warga masyarakat Indonesia hanya membaca buku 47 halaman, sedangkan di negara-negara maju, seperti di Amerika, setiap bulannya warga masyarakat di sana membaca buku 1.500 halaman di Jepang 1.000 halaman," kata Supanji [KC-02]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.