CIANJUR, [KC].- Aksi unjuk rasa yang dilakukan puluhan warga dari tiga desa di Kecamatan Sukaluyu, Sabtu (22/11/2014) nyaris terjadi bentrok. Hal itu terjadi saat puluhan warga bermaksud memblokade aktifitas penambangan pasir dan perusahaan ayam.

Namun aksi warga tersebut berhasil redam oleh aparat kepolisian yang menggiring warga untuk berdialog dengan pihak perusahaan di Kantor Kecamatan Sukaluyu. Namun saat warga merangsek untuk mediasi dengan pihak perusahaan, dihadang oleh puluhan sopir truck pengangkut pasir yang merasa terusik atas aksi warga.

Kericuhanpun tidak bisa dihindari, bahkan nyaris terjadi adu pukul antara warga pengunjuk rasa dengan para sopir. Beruntuk kericuhan tersebut berhasil diredam oleh Camat Sukaluyu Dadan Wildan bersama aparat kepolisian dan berhasil diajak berdialog.

Salah seorang sopir truk, Asep Ahmad Fauji mengaku dirinya merasa terancam karena adanya informasi mobilnya akan dirusak warga. "Saya merasa dirugikan karena ada aksi warga seperti ini kami tidak bisa jalan, sementara setoran harus terus berjalan," kata Asep saat ditemui terpisah.

Salah seorang pengusaha galian Andri membantah tudingan kalau perusahaanya tidak memiliki perijinan dalam melakukan aktifitas penambangan pasir. "Kami menyetujui tuntutan warga seperti perbaikan dan perawatan jalan secara bersama dengan perusahaan lain," tegasnya.

Sementara Camat Sukaluyu Dadan Wildan mengungkapkan, terkait masalah perijin penambangan, sepengetahuanya saat ini sudah diajukan ke Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDAP) Kab. Cianjur.

"Saat ini sedang dalam proses karena ada pertimbangan-pertimbangan Perda lama dan Perda baru. Masalah tuntutan masyarakat akan di cover dibuatkan berita acara mengenai apa yang menjadi tuntutan masyarakat dan kesanggupan perusahaan dibuatkan secara tertulis sehingga diketahui oleh Muspika," katanya [KC-02/yan]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.