ilustrasi
CIANJUR, [KC].- Puluhan rumah di Kampung Cibogo RT 11, 12, 13/RW 04 Desa Wangunsari Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur mengalami rusak berat dan ringan akibat terjadinya pergerakan tanah, Minggu (30/11/2014). Tidak hanya rumah, masjid dan sekolah juga mengalami kerusakan yang sama.

Para warga yang menghuni di tiga ke RTan tersebut sudah diungsikan ditempat yang lebih aman. "Sementara kita fokus dulu kepada warga, kita sudah ungsikan ketempat sanak saudaranya dan tetangganya yang diperkirakan lebih aman," kata Rusman Kaur Kesra Desa Cibogo saat dihubungi, Minggu (30/11/2014)

Dikatakan Rusman, pergerakan tanah selain merusak puluhan rumah warga, suga engakibatkan sejumlah fasiitas umum seperti tempat ibadah dan pendidikan juga mengalami kerusakan. "Kebanyakan bangunan retak-retak dan ada juga yang sudah bergeser hingga beberapa meter. Bahkan ada sawah yang terkena longsor," katanya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah. Pihaknya juga memprediksikan, pergerakan tanah itu masih akan terus berlangsung seiring dengan curah hujan yang masih berlangsung.

"Kejadiannya itu setelah semalaman diguyur hujan, tiba-tiba tanah bergerak. Beruntung tidak sampai ada korban jiwa, warga berhasil diungsikan ketempat yang lebih aman," kata Rusman.

Rusman menegaskan, kondisi kampung Cibogo memang berada diareal lahan yang dikelilingi perbukitan. Melihat kondisi yang ada saat ini, perkampungan tersebut harus direlokasi. "Sepertinya harus direlokasi, namun sepertinya kami kesulitan untuk mencari lahan. Kami akan sampaikan masalah ini ke pimpinan," tegasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Achmad Suhara belum berhasil dikonfirmasi mengenai terjadinya bencana alam di wilayah Cianjur selatan. Saat dihubungi melalui telpon selulernya tidak juga diangkat. Demikian juga saat di sms tidak dibalas [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.