CIANJUR, [KC].- Untuk membentuk kader da'i dan da'iyah yang berkarakter sebagai generasi kepemimpinan islam, Yayasan Ulul Absor (Yasula) bekerjasama dengan Majlis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur menggelar Pendidikan Kilat (Diklat) Kader Da'i dan da"iyah yang dilaksanakan selama tiga hari, sejak Senin hingga Rabu (22-24/12/2014) di gedung da'wah Cianjur Jalan Raya Bandung Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.
Ketua Panitia Penyelenggara Heri Suseno, mengatakan, kegiatan diklat Kader Da'i dan da'iyah tersebut diikuti sebanyak 207 peserta dari perwakilan 107 desa di 27 kecamatan di Kabupaten Cianjur. "Kita mengundang perwakilan dari 32 kecamatan di 300 desa, tapi ternyata yang hadir baru dari perwakilan 170 desa," kata Heri ditemui disela kegiatan, Senin (22/12/2014).
Dikatakan Heri, peserta diklat Kader Da'i dan da'iyah tersebut diikuti oleh berbagai latar belakang. Ada diantaranya yang sudah menjadi pimpinan Pondok Pesantren (Pontren) juga ikut diklat. "Minimal peserta diklat berusia 18 tahun. Mereka ada yang dari SLTA, mahasiswa, dosen bahkan pimpinan pontren," tegasnya.

Selama mengikuti diklat, peserta akan diberikan materi dari narasumber yang kompeten dibidangnya masing-masing. Materinya diantaranya mengenai tugas dan kewajiban dakwah, strategi dakwah. "Ada juga tentang pembangunan ekonomi syariahnya. Implementasi Gerbang Marhamah, visi dan misi Cianjur, tentang penanggulangan penyakit masyarakat, retorika dakwah, bagaimana cara dakwah yang baik dan komunikasi dakwah, diakhirii dengan peranan da'I dalam memperjuangkan syariat isalam," jelasnya.

Dikatakan, Heri, diklat yang telah dilaksanakan ke 16 kalinya itu merupakan program tahunan. Hanya saja ia mengaku kesulitan dalam mencari sponsor dibandingkan dengan kegiatan lainya. "Memang cari sponsor kegiatan seperti ini sulit, berbeda dengan kegiatan olahraga. Tapi kita dengan kebersamaan masih bisa melaksanakan, bahkan ada yang sampai dua kali dalam satu tahu," tegasnya.


Kegiatan diklat kata Heri, juga menjadi ajang silaturahmi bagi para da'I didaerah. "Kebanyakan peserta ini kan sudah punya dasar da'i, kita seringkali diklat ini menjadi ajang sharing atau tuakr pendapat dan hasilnya menjadi salah satu rujukan kegiatan," tandasnya [KC-02].
**.





Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.