CIANJUR, [KC].-  Puluhan warga di Kampung Cadas Gantung Desa Cibodas Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur bergotongroyong membangun jalan yang menghubungkan kampung mereka ke wilayah Desa Gadog Kecamatan Pacet, Selasa (9/12/2014).

Pembangunan jalan yang dikerjakan secara bersama-sama tersebut merupakan bantuan dari Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) dibawah Kementerian Pekerjaan Umum. Desa Cibodas mendapatkan banttuan PPIP Reguler 2 senilai Rp 100 juta.

"Berdasarkan rembug warga kita sepakat bantuan itu dilaksanakan untuk pembangunan jalan di Kampung Cadas Gantung dengan pekerjaan rabat beton. Kami gerakkan warga untuk melakukan swadaya, salah satunya dengan gotongroyong secara bersama-sama membangun jalan," kata Wawan Rahmat (45) Sekretaris Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) saat ditemui disela kegiatan membangun jalan, Selasa (9/12/2014).

Wawan mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton di Kampung Cadas Gantung tersebut ditargetkan akan selesai untuk sepuluh hari kedepan. Itupun jika kondisi cuaca tidak hujan. "Dalam sehari kita targetkan bisa melaksanakan pekerjaan sekitar 20 meter, dengan sistem gotong royong setiap harinya sekitar 50 orang," ujarnya.

Diharapkannya, pembangunan jalan rabat beton tersebut bisa maksimal terutama swadayanya dari masyarakat. "Kalau diperencanaan hanya sekitar 400 meteran, tapi kita ingin lebih. Mudah-mudahan swadaya masyarakatnya meningkat, sehingga bisa lebih maksimal lagi," tambahnya.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Cianjur Yoni Raleda melalui Kepala Seksi (Kasi) Bina Lingkungan Perumahan dan Permukiman Yeddi Indragunawan mengungkapkan pada tahun 2014 ini Kabupaten Cianjur mendapatkan bantuan PPIP di 31 desa di wilayah 16 kecamatan. Bantuan tersebut terdiri dari dua tahap yakni reguler satu dan reguler dua. Untuk reguler satu dilaksanakan di 3 desa diwilayah Kecamatan Cibinong yakni Desa Wargaluyu, Desa Pananggapan dan Desa Sukamekar.
"Sisanya 28 desa berada di reguler 2 yang saat ini sudah dalam tahap pelaksanaan. Pelaksanakan pekerjaan berdasarkan rembug warga, dan musyawarah desa. Kita kembalikan pelaksanaanya kepada warga," ucapnya.

Ke-16 kecamatan yang wilayahnya mendapatkan bantuan PPI di Kabupaten Cianjur diantaranya Kecamatan Cibinong 4 desa, Kecamatan Cidaun 3 desa, Kecamatan Cikalongkulon 1 desa, Kecamatan Cilaku 3 desaa, Kecamatan Ciranjang 1 desa, Kecamatan Cugenang 1 desa, Kecamatan Gekbrong 1 desa, Kecamatan Haurwangi 1 desa, Kecamatan Kadupandak 3 desa, Kecamatan Karangtengah 2 desa, Kecamatan Leles 1 desa, Kecamatan Mande 1 desa, Kecamatan Pacet 3 desa, Kecamatan Pasir Kuda 2 desa, Kecamatan Sukaresmi 1 desa dan Kecamatan Warungkondang 3 desa.

"Kalau sebelumnya masing-masing desa mendapatkan bantuan Rp 250 juta, tahun ini baru Rp 100 juta. Tujuan utamanya untuk perbaikan infrastruktur pedesaan yang anggarannya merupakan bantuan langsung masyarakat dari APBN 2014," tuturnya.

Dalam penyaluran dana tersebut akan langsung masuk ke rekening organisasi masyarakat setempat (OMS) yang telah dibentuk terlebih dahulu oleh masyarakat desa. Untuk pencairan dananya akan dilakukan sebanyak 3 kali dimana tahap pertama 40 persen, tahap kedua 30 persen saat pengerjaan fisik sudah mencapai 30 persen dan tahap ketiga 30 persen saat pengerjaan sudah mencapai 60 persen pengerjaan.

Ditambahkannya bahwa dalam sistem pengerjaannya dalam program PPIP ini tidak melalui tender atau dikontrakkan kepihak lain, tetapi pengerjaannya dan material pembangunannya langsung disediakan oleh masyarakat setempat dan dalam pelaksanaan pembangunan infrakstuktur, setiap desanya akan didampingi oleh tenaga ahli atau konsultan [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.