CIANJUR, [KC].- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meresmikan lima program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikembangkan AQUA Grup dengan menandatangani prasasti di Kantor Gubernur, Gedung Sate, Bandung belum lama ini.  Turut menandatangani prasasti dalam acara ini adalah Pimpinan AQUA Grup, Parmaningsih Hadinegoro. 
Peresmian ini merupakan kegiatan rutin pemerintah setempat yang diberi nama Gelar Karya CSR Pembangunan Jawa Barat.  Pada acara ini, berbagai perusahaan juga turut meresmikan program-program CSR nya.  
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan memaparkan, sejak 2011, pemerintah Jawa Barat mendorong peran perusahaan baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta swasta untuk mempercepat pembangunan pedesaan melalui program CSR. 
"Program yang dikembangkan adalah  bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan hidup," paparnya. 
Sementara itu, pimpinan AQUA Grup, Parmaningsih Hadinegoro, lima program yang diresmikan mewakili bidang yang menjadi perhatian pemerintah Jawa Barat.  Kelima program yang diresmikan, papar dia, dari mulai  AQUA  di Kabupaten Bekasi, Bogor, Cianjur, Sukabumi dan Subang.  

"Programnya meliputi peningkatan akses air bersih, pengelolaan sampah rumah tangga di daerah pemukiman, pengembangan konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati," jelas Parmaningsih.
  
Dia mengakui, AQUA Grup secara rutin berpartisipasi dalam kegiatan yang digagas Pemerintah Jawa Barat ini.  Upaya Pemerintah Jawa Barat dalam melibatkan berbagai pihak ini sesuai dengan pendekatan AQUA Grup dalam menjalankan program CSR.
  
"Keterlibatan berbagai pihak ini sangat penting untuk mendorong tercapainya tujuan program serta keberlanjutan manfaat, " tutur Parmaningsih.  

Lebih lanjut, Parmaningsih menjelaskan  dalam setiap program CSR, para pemangku kepentingan memiliki peran dan kontribusinya masing-masing.  Dari mulai pemerintah pusat dan daerah berperan memfasilitasi pelaksanaan program melalui kebijakan, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) lokal memiliki peran sebagai pendamping dalam proses pemberdayaan dan sektor swasta memberikan kontribusi dalam bentuk sumber daya dan keahlian.  Sedangkan peran masyarakat sangatlah penting untuk menjaga keberlangsungan program.
"Dengan kolaborasi yang sinergis tersebut, maka akan terjadi percepatan pembangunan pedesaan," paparnya [KC-02/dak]**

Berikut Lima Program CSR yang Diresmikan : 
1.       Program Cicadas Berseri (Bersih, Sehat dan Rindang), yaitu integrasi antara program konservasi dengan program peningkatan akses air bersih dan penyehatan lingkungan di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

2.      Program Kebun Raya Mini, yaitu pelestarian penanaman pohon langka untuk mendorong terciptanya keanekaragaman hayati di lingkungan Pabrik AQUA Babakanpari, Kabupaten Sukabumi
3.      Program Komunitas Hijau RW 10, yaitu peningkatan akses air bersih dan penyehatan lingkungan di RW 10, Kecamatan Medan Satria, Kabupaten Bekasi
4.      Program Bank Sampah, yaitu pengelolaan sampah rumah tangga berbasis masyarakat di Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur

5.      Program Konservasi Hutan Adat Bancuey, yaitu pelestarian hutan adat Banceuy serta peningkatan akses air bersih di Desa Banceuy, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.   

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!











Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.