CIANJUR, [KC].- Setelah dua tahun berturut-turut lolos, kini Pemkab Cianjur bertekad untuk meraih Adipura pada tahun 2015.Tekad tersebut sepertinya tidak main-main, sebab seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada semuanya digerakkan demi meraih penghargaan dalam bidang lingkungan itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Oting Zaenal Mutaqin, mengatakan, saat ini sejumlah sarana dan prasaran yang menjadi objek penilaian Adipura terus dibenahi. Kekurangan yang diketahui segera dibeperbaiki.

"Hasil dari evaluasi, laporan dari setiap OPD menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan. Hasil dari beberapa pemaparan, memang masih ada sejumlah kekurangan yang harus kita segera perbaiki," kata Oting saat ditemui usai menggelar rapat mengenai Adipura di Bale Praja Cianjur, Selasa (24/2/2015).

Dikatakan Oting, kekurangan yang saat ini akan segera dibenahi yakni mengenai pemilahan sampah organik dan non organik serta mengani komposting. Jika hal itu telah dilakukan perbaikan, dimungkinkan nilai untuk Cianjur akan naik.

"Pada hasil penilain pertama (P1) kita mendapatkan nilai 73,09. Kalau pasing greatnya tetap 75, tinggal beberapa poin lagi kita bisa mengejar. Kalau tercapai kita optimis bisa meraih Adipura pada tahun 2015 ini," kata Oting.

Menganai pemilahan sampah, saat ini sejumlah kantor di masing-masing OPD belum dilengkapi. Untuk itu perlu segera mungkin disediakan. Karena mengenai pemilahan sampah di masing-masing OPD menjadi salah satu bagian yang ada didalam penilaiannya.

Selain di OPD, pemilahan sampah di Rumah Sakit juga menjadi perhatian serius. Saat ini belum ada pemilahan sampah-sampah di rumah sakit termasuk mengenai sampah medis. Selain dirumah sakit, di perumahan yang menjadi objek penilaian juga harus segera dilengkapi tempat pemilahan pembuangan sampah.

"Pasar juga menjadi perhatian serius yang saat ini masih kurang. Kalau semuanya itu bisa dibenahi, kretaeria yang menjadi dasar penilaian bisa terpenuhi. Karena penilaian kedua akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. Minggu depan kita akan evaluasi kembali hasilnya," tegas Oting.

Keberhasilan untuk meraih Adipura kata Oting, bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Tapi semua lapisan masyarakat harus bergerak untuk mensukseskannya. Dimulai dari kebiasaan membuang sampah pada waktu dan tempatnya, itu harus dilaksanakan.

"Ini menjadi tanggungjawab bersama, termasuk wartawan juga. Semua itu tidak bisa terlepas dari prilaku kita dalam menjaga kebersihan lingkungan mulai dari sekitar kita. Membiasakan dengan prilaku bersih dan sehat, menjadi salah satu kunci keberhasilan," tegasnya  [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.