CIANJUR, [KC].- Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur kesulitan menertibkan gelandangan yang selama ini keberadaanya sudah mulai meresahkan masyarakat. Meski telah dilakukan pembinaan, mereka masih saja tetap kembali kejalan meski sembunyi-sembunyi.

"Kita sudah melakukan berbagai upaya, kita tertibkan mereka bersama Satpol PP, lalu kita bina. Namun setelah kita bekali mereka, masih saja kembali kejalan lagi," kata Kepala Dinsosnakertrans H. Sumitra saat ditemui disuatu kegiatan, Kamis (20/2/2015).

Dikatakan Sumitra, keberadaan gelandangan peminta-minta tersebut kebanyakan datang dari luar Cianjur. Mereka datang bersama keluarganya dengan modus minta belas kasihan.

"Mungkin saja dikampungnya mereka itu berkecukupan, ini bukan kondisi terpaksa. Tapi sepertinya memang menjadi pekerjaan mereka. Padahal kalau dari segi fisik kebanyakan masih cukup kuat untuk bekerja," kata Sumitra.

Penertiban gelandangan yang dilakukan pihaknya dilakukan secara berkala. Tidak jarang para gelandangan itu melakukan perlawanan saat akan dibawa. "Kita data mereka dan kita berangkatkan untuk dibekali ketrampilan dengan harapan agar mereka bisa berusaha dan tidak lagi kembali kejalan. Tapi mungkin sudah dasarnya seperti itu, sulit untuk tidak kembali," tegasnya.

Untuk menertibkan gelandangan peminta-minta di Cianjur pihaknya tengah meramu formula agar jika diterapkan mereka bisa jera. "Harus ada sanksi dan aturan yang melarang memberi atau menerima, artinya pemberi ke gelandangan dan penerima gelandangannya sendiri juga harus dikenakan sanksi. Ini masih kita fikirkan seperti apa aturannya," katanya.

Diakui Sumitra, hampir setiap hari kantornya kedatangan orang yang mengaku gelandangan. Mereka datang dengan keluh kesah atas nasib yang menimpanya. "Dalam sehari sekitar tiga orang. Ada yang datang kehabisan ongkos dalam perjalanan jauh, ada juga yang sengaja datang meminta bantuan. Tapi setelah kita tawari dan diajak untuk ikut pelatihan ketrampilan mereka menghindar," paparnya [KC-02]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.