CIANJUR, [KC].- Longsor kembali terjadi di Cugenang, kali ini menerpa jalur jalan utama di Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur yang menghubungkan Desa Mangunkerta dengan sejumlah desa. Akibat longsor yang terjadi ditikungan Kampung Gintung RT 01/RW 08 Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang, Kamis (19/2/2015) sore itu, arus lalu lintas sempat terputus.

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa longsornya tebing setinggi 9 meter itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Saat itu hujan deras menggutur wilayah Kecamatan Cugenang dan sekitarnya. Tiba-tiba saja tebing diatas jalan ke arah rta itu runtuh.

"Beruntung saat kejadian tidak ada orang maupun kendaraan yang melintas, sehingga korban jiwa bisa dihindari. Kejadiannya serba tiba-tiba, longsor begitu saja. Terdengar suara seperti benda berat jatuh," kata Tony (35) seorang warga.

Longsoran tanah dan bebatuan dari tebing setinggi 9 meter itu menutup bahu jalan. Sehingga akses jalan menjadi tertutup. "Kendaraan sempat gak bisa melintas, karena tertutup longsoran tanah dan bebatuan," katanya.

Camat Kecamatan Cugenang Dadan Ginanjar mengungkapkan, longsor terjadi akibat tebing tidak kuat menahan curah hujan yang terjadi. "Memang daerah itu rawan terjadi longsor, ini bukan yang pertama kali, sebelumnya juga pernah terjadi. Kami sebelumnya telah mengingatkan agar tebing itu ditanami tanaman keras sebagai penyangga, namun sepertinya juga tidak berpengaruh hingga terjasdi longsor," kata Dadan saat dihubungi terpisah.

Dikatakan Dadan, saat ini longsor tersebut sudah ditangani. Alat berat sudah didatangkan untuk membersihkan bekas longsoran tanah dan bebatauan yang menutup jalan. "Dari semalam, alat berat sudah didatangkan, Saat ini masih dalam proses pembersihan bekas longsoran. Kemungkinan siang sudah beres, jalan bisa dilalui seperti biasa," katanya.

Untuk mencegah terjadi longsor susulan, pihaknya melalui pemerintahan desa akan mengusulkan pemasangan turap di lokasi bekas longsoran. "Tadi atas saran dari PU juga agar dilakukan pemasangan turap agar tidak terjadi longsoran. Ini memang daerah rawan, sekalian sekitar lokasi longsor juga dibersihkan. Kita akan usulkan penanganannya ke Pemkab Cianjur," tegas Dadan [KC-02]**.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.