CIANJUR, [KC].- Buah Jambu Batu atau Jambu Biji ternyata memiliki nilai bisnis yang menjanjikan. Atas dasar itulah saat ini masyarakat Desa Batulawang Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur berlomba membudidayakannya. Suhu yang dingin ternyata tidak mempengaruhi tanaman tersebut untuk setiap saat berbuah, justru sebaliknya.

"Awalnya memang kami kawatir kalau tanaman buah tidak bisa berbuah saat ditanam di areal yang udaranya dingin. Tapi ternyata sebaliknya, malah buahnya tidak mengenal musim, terus menerus berbuah," kata Cecep Abdul Halim (50) petani buah jambu batu di Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Rabu (25/2/2015).

Buah jambu batu memiliki nilai bisnis yang menjanjikan. Permintaan buah jambu batu masih sangat tinggi. "Kita masih kwalahan memenuhi pesanan. Permintaanya sangat tinggi, prospek bisnisnya masih sangat terbuka," katanya.

Melihat peluang tersebut, saat ini sejumlah petani tengah mengembangkan tanaman buah jambu batu. Usia tanam yang relatif singkat sudah berbuah, membuat banyak petani yang mulai beralih untuk mengembangkan jambu batu.

Dikatakan Cecep, 100 pohon jambu batu, saat ini bisa menghasilkan sekitar 2 hingga 3 kwintal dalam satu minggu. Bahkan dalam satu bulan bisa menghasilkan panen raya hingga dua kali dengan jumlah rata-rata 5 kwintal.

"Harga ditempat saat ini berkisar Rp 2.500,- per kilogram. Harga yang menjanjikan, karena perawatan tanaman pohon jambu tidak begitu sulit, pupuknya juga cukup dengan pupuk kandang, hanya harus rajin membungkus buahnya saja," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, pihaknya bertekad ingin mengembangkan tanaman jambu batu diwilayah Desa Batulawang. Sejumlah warga yang tergabung dalam koperasi sudah bertekad ingin mengembangkan jambu batu.

"Kalau kita tergabung dalam koperasi, kita harapkan masalah harga bisa terkontrol. Demikian juga masalah pemasaran, kita tidak akan mengalami kesulitan. Mudah-mudahan ini bisa segera terwujud dan bisa berkembang," harapnya  [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.