Iklan

iklan

Untuk Menjaga Kelestarian Situs, Perlu Pengaturan Jumlah Pengunjung ke Situs Megalitikum Gunung Padang

Friday, February 27, 2015 | 4:22:00 AM WIB Last Updated 2015-02-26T22:18:41Z
CIANJUR, [KC].- Akibat semakin meningkatnya jumlah kunjungan ke situs Megalitikum Gunung Padang di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap keberlangsungan situs.

Kekawatiran rusaknya situs sepertinya tidak berlebihan jika melihat daya tampung lokasi situs sangat terbatas untuk menampung pengunjung. Sementara jumlah pengunjung setiap hari trendnya terus meningkat.

Juru Pelihara (Jupel) Situs Megalitikum Gunung Padang, Nanang, mengakui, jumlah pengunjung setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal itu dampak dari pemberitaan media yang terus menerus serta adanya penelitian di situs Gunung Padang.

"Grafiknya dari tahun 2011 hingga saat ini jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan. Ini harus dipikirkan, jangan sampai justru banyaknya pengunjung akan berdampak kurang baik untuk keberlangsungan situs," kata Nanang saat dihubungi, Kamis (26/2/2015).

Untuk menghindari terjadinya kerusakan situs akibat membludaknya pengunjung, komunitas dan pengelola Situs Megalitikum Gunung Padang untuk sementara waktu memberlakukan bergiliran bagi pengunjung yang ingin naik. Ketika dirasa pengunjung sudah memadati di puncak situs, pengunjung yang baru datang harus rela menunggu pengunjung yang sudah naik turun.

"Ini hanya antisipasi sementara, perlu adanya kebijakan yang mengatur para pengunjung. Bukan membatasi jumlahnya, tapi mengatur waktunya dengan menghitung jumlah maksimal pengunjung diatas. Bisa dilakukan secara bergiliran, jangan sampai dipaksakan semua pengunjung dimasukkan. Ini akan merusak cagar budaya, bukan merawatnya," kata Nanang.

Dalam satu bulan saja, pengunjung yang masuk ke Situs Megalitukum Gunung Padang bisa mencapai sekitar 8.000 orang. Jumlah tersebut kemungkinan masih akan terus bertambah seiring dengan pemberitaan media mengenai Gunung Padang yang masih terus berlangsung.

"Tidak hanya pengunjung dari masyarakat Cianjur, tapi banyak diantaranya yang datang dari luar Cianjur. Bahkan sejumlah warga negara asing juga mengalami peningkatatan jumlahnya. Mereka rata-rata penasaran mendengar atau melihat cerita tentang gunung padang di media-media," paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur H. Dedi Supriadi melalui
Kasi Usaha dan Pariwisata Neneng Sumaryanti menuturkan, pihaknya telah merencanakan untuk membuat manajemen pengunjung khusus di situs Megalitikum Gunung Padang. Melalui manajemen pengunjung diharapkan wisatawan akan bisa lebih tertib.

"Melalui manajemen pengunjung yang akan kita terapkan itu akan mengatur berapa jumlah pengunjung atau kapasitas pengunjung yang bisa masuk kawasan situs, bisa juga dengan melengkapi sarana dan prasarananya sebagai daya tarik yang lain selain keberadaan situs," kata Neneng saat dihubungi terpisah.

Tujuan adanya manajemen pengunjung juga merupakan upaya untuk menjaga situs agar terhindar dari kerusakan. "Namanya juga pengunjung tidak semuanya bisa menjaga situs, ada saja yang sebaliknya. Dengan adanya kuota pengunjung akan mempermudah dalam pengawasan dan lebih mudah dalam menjaga kelestarian situs," tegas Neneng  [KC-02]**.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Untuk Menjaga Kelestarian Situs, Perlu Pengaturan Jumlah Pengunjung ke Situs Megalitikum Gunung Padang

Trending Now

Iklan

iklan