CIANJUR, [KC].- Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) kesulitan melakukan pembinaan terhadap sejumlah anak jalanan di Cianjur. Padahal sejumlah perogram telah disiapkan untuk membina anak jalanan tersebut agar memiliki ketrampilan.
Kepala Bidang (Kabid) Sosial Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur Dindin Awaludin didampingi Kepala Seksi (Kasi) Bantuan Perlindungan Sosial, Nunung Sahrudin mengakui, ada sejumlah kesulitan dalam melakukan pembinaan terhadap anak jalanan. Salah satunya mengenai keasadaran dan kemauan anak jalan untuk diberikan ketrampilan masih sangat rendah.
"Pernah kita kumpulkan sekitar 20 anak jalanan di Cianjur, mereka kami tawarkan kursus ketrampilan, semua biaya hidup mereka kami tanggung selama ikut pelatihan. Namun mereka tidak mau dengan alasan yang hemat kami tidak realistis," kata Dindin saat ditemui di kantornya, Kamis (12/3/2015).
Atas dasar itulah, pihaknya saat ini akan berupaya membuatkan formulasi lain dalam pembinaan anak jalanan. Saat ini tengah di ajukan ke Kementerian Sosial (Kemensos)."Kita sudah sampaikan usulan ke kementerian sosial, mudah-mudahan saja bisa terealisasi. Kita ingin anak-anak jalanan itu memiliki keahlian," katanya.
Dalam usulan yang direspon pihak kementerian sosial itu, tidak hanya memberdayakan anak jalanan melalui keahlian, tapi orang tua anak juga diberikan keahlian serta permodalan. "Ada dua permasalahan yakni pemberdayaan dan anak. Orang tua diberdayakan, jangan sampai ketika anak kita berdayakan dan bisa melaksanakan orang tuanya malah tidak, sehingga anak kembali lagi kejalanan," kata Dindin.
Diakui Dindin, hingga saat ini berdasarkan data yang ada di Kabupaten Cianjur terdapat 300 lebih anak jalanan. Mereka tersebar disejumlah wilayah. Paling banyak di seputaran Cianjur kota.
"Ini menjadi pekerjaan rumah bersama, tidak hanya kami, tapi orang tua, lingkungan dan masyarakat juga harus peduli bagaimana menangani anak jalanan. Sebab mereka itu memilik hak sama dalam mendapatkan hidup, hanya keadaan yang membuatnya seperti itu," jelas Dindin.
Kedepan pihaknya akan menggagas kerjasama dengan aparat kepolisian dalam menangani anak jalanan. "Kasusnya mereka sulit untuk kita berikan pelatihan, mungkin harus dipaksa atau seperti apa formulasinya. Nanti kami akan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk menanganinya," paparnya [KC-02]**.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.