CIANJUR, [KC].- Sejumlah organisasi maupun partai politik (Parpol) di Cianjur sudah mulai menetapkan kriteria bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan didukung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember 2015 mendatang. Salah satunya seperti yang dirilis Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Cianjur.

"Kita akan mewarnai Pilkada Cianjur melalui kriteria calon. Calon yang sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan ya akan kami dukung," kata Ketua FPKT Kab Cianjur, H Irvan Rivano Muchtar.

Irvan menjelaskan, sebelum menentukan kriteria, pihaknya terlebih dahulu telah melaksanakan  rapat kerja bersama FPKT kecamatan, desa dan  RT. "Salah satu agenda rapat kerja tersebut, menentukan atau merekomendasikan calon bupati dan wakil bupati lima tahun mendatang," kata Irvan yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Politisi Partai Demokrat ini memaparkan, berdasarkan hasil rapat kerja, muncul kriteria yang dikehendaki. Adapun  calon yang dikehendaki itu, di antaranya,  nyunda, nyantri, nyakola (bersikap orang sunda, sebagai santri atau mengerti agama dan berpendidikan). "Ini merupakan harapan kami," tegasnya.

Irvan mengakui, meski belum masuk tahapan Pilkada, tetapi ada sejumlah calon bupati dan wakil bupati yang sudah bermunculan. Baik di kalangan birokrat, politisi, dan masyarakat umum. Mengenai sejumlah nama cabub dan cawabub, Irvan sangat merespon hal itu. "Kalau banyak calon, berarti iklim demokrasi di Cianjur sangat bagus," paparnya.

Irvan menambahkan, selain kriteria, nyunda, nyantri, nyakola, juga ada kriteria lain yaitu calon bupati jangan berpoligami atau nyandung. "Kriteria yang satu ini muncul atau dari masukan kader perempuan Karangtaruna," kata Irvan sambil tersenyum.

Irvan berharap, semua calon yang nanti akan bertarung di Pilkada, maka bertarunglah dengan cerdas, santun dan sportif. Sebab, pada dasarnya Pilkada ini merupakan hajat warga Cianjur untuk menentukan pemimpin Cianjur yang lebih baik lagi. "Ini merupakan harapan kami," tegasnya [KC-02/dak]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.