CIANJUR, [KC].- Untuk mewujudkan koperasi sebagai soko guru ekonomi kerakyatan, harus diawali dengan penguatan kelembagaan. Sebesar apapun bantuan yang diterima koperasi jika kelembagaanya tidak kuat maka tidak akan bisa berjalan maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Cianjur, Ridwan Ilyasin melalui peleksananya Bambang Eko saat menghadiri acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Tanjung Harapan di Kampung Cinyaut Girang Desa Sukasarana Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, Senin (23/3/2015).

"Sebelum melangkah lebih jauh, koperasi harus bisa menguatkan kelembagaanya. Dengan kuatnya lembaga koperasi itu maka dengan sendirinya bantuan juga akan bisa mengalir. Karena sebesar berapapun bantuan, kalau kelembagaanya tidak kuat, tidak akan banyak bermanfaat," kata Bambang.

Dikatakan Bambang, pengurus dan anggota harus aktif dan memiliki komitmen berkoperasi. Dengan kebersamaan, koperasi akan bisa maju dan lebih berkembang. "Penguatan lembaga koperasi kata kunci gerakan ekonomi rakyat menjadi soko guru. Dengan demikian tidak ada istilah lagi mekanisme koperasi bagaimana ketua," katanya.

Dengan kuatnya kelembagaan koperasi, minimalnya koperasi memiliki aktivitas kegiatan. Koperasi harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif. "Kalau ini semuanya sudah ada, koperasi bisa benar-benar menjadi soko guru perekonomian rakyat," tegasnya.

Ketua KUD Tanjung Harapan, Sjamsudin mengungkapkan, koperasi yang dipimpinnya saat ini tengah berupaya mengembangkan sejumlah usaha. "Kedepan kita ingin ada UKM Mart,dan pengajuan bantuan dana penambahan modal LPDB dan menjadi distributor pupuk dan gas LPG. Kita tengah mengupayakan itu," kata Sjamsudin saat ditemui terpisah.

Pihaknya optimis hal itu bisa terwujud asal mendapatkan dukungan dari semua anggota koperasi. "Atas dasar program yang telah disetujui para anggota, tidak ada kata pesimis, kami yakin dengan kebersamaan koperasi ini bisa lebih maju lagi," katanya  [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.