CIANJUR, [KC].- Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi, mengakui, hingga saat ini, pemerintah memang belum bisa memberikan perhatian yang cukup proposional. Namun, hal itu bukan berarti bahwa tidak ada keinginan untuk bisa mengembangkan dan melestarikan kesenian, baik tradisional maupun kontemporer.

Yang terpenting, kata Yadi, adalah memilih orang-orang yang kompeten, visioner, profesional serta memiliki semangat tinggi untuk ikut mengembangkan kesenian di Cianjur ini. Sedangkan untuk permasalahan anggaran, Yadi menyebut, hal itu bisa dibicarakan, asalkan jelas, terencana serta benar-benar diperuntukkan pengembangan dan pelestarian kesenian.

"Wadahnya (Dewan Kesenian Cianjur, red) kan sudah ada. Tinggal orang-orang yang ada di dalamnya harus yang benar-benar kompeten, visioner, profesional serta memiliki semangat untuk mendorongan dan menstimulus para pelaku kesenian agar muncul ke permukaan," jelas Yadi.

Dorongan dan stimulus yang dimaksud Yadi bisa dengan memberikan ruang-ruang yang lebih luas dan leluasa sehingga bisa menjadi ajang ekpresi bagi para pelaku kesenian di Cianjur. Yadi mencontohkan, bisa dengan memanfaatkan Jalan HOS Cokrominoto dengan diisi kegiatan kesenian secara rutin.

"Wacana itu sudah ada dari dulu tapi sampai sekarang belum terlaksana. Kalau itu bisa dilakukan, nanti kan bisa dievaluasi dan dilihat respon masyarakat sehingga kemudian bisa dirumuskan kelanjutannya," jelasnya.

Ditambahkan Yadi, pihaknya bisa mendorong untuk dibuatkan payung khusus bagi kesenian di Cianjur ini. Namun, menurut Yadi, hal itu akan lebih baik jika diawali dengan dorongan dari bawah atau para pelaku seni itu sendiri.

Dengan begitu, Yadi meyakini, perda kesenian itu nantinya akan lebih kuat dan mengakar. Pasalnya, dengan adanya gerakan dari masyarakat itu, bakal menggelorakan kegiatan kesenian di Cianjur yang tentunya bisa dikemas dan menjadi salah satu industri kreatif milik Cianjur yang bisa dijual dan mensejahterakan para pelaku kesenian.

"Kami terbuka dan siap memfasilitasi hingga pembuatan perdanya. Kami dukung 100 persen untuk wacana pengembangan kesenian. Ini sangat bagus," pungkas Yadi [KC-02/gp]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.