CIANJUR,  [KC].- Program ibu tangguh merupakan salah satu program yang saat ini tengah digulirkan Koperasi Syariah (Kopsyah) BMT Assalam. Program sosial tersebut dirasakan sangat membantu kaum ibu yang ditinggal suaminya.

"Program ibu tangguh, ibu yg ditinggal suaminya tapi mempunyai taggungjawab besar, dia harus bekerja . Kita akan realisasikan bantuan program ini. Kita harapkan bisa membantu," kata Ketua Kopsyah BMT Assalam, Nanang Rahman saat ditemui disela kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Wisma Sinarkasih Cipanas, Kamis (5/3/2015).

Dikatakan Nanang, diusianya yang sudah memasuki satu windu, dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), BMT Assalam melakukan banyak pembenahan. Sebuah tantangan dan peluang atas kebijakan Otoritas Jasa Keungan (OJK) yakni Branch Banking dimana bank besar bisa membuka agen tanpa harus membua kantor.

"Peluang itu kita akan tangkap, kita menjalin kerjasama. Ini peluang bank besar akan milirik usaha mikro yg dikelola koperasi dan BMT. Kita bisa membuktikan bahwa kita bisa bersaing baik dari segi kualitas layanan maupun dari segi kualitas produk," katanya.

Diungkapkan Nanang, banyak angota Kopsya BMTnya berasal dari keluarga miskin atau kurang mampu. Sehingga tidak sedikit diantaranya yang kesulitan dalam menyekolahkan anaknya. "Demi pelayanan aggota mereka kita tanggulangi dengan program mustahik berdaya," kata Nanang yang mengaku BMTnya memiliki 6.000 anggota.

Sementara itu RAT Kopsyah BMT Assalam tahun buku 2014 itu dihadiri oleh sekitar 300 anggota. Dalam RAT tersebut selain meminta pertanggungjawaban pengurus, juga dilakukan pengukuhan kembali pengurus baru yang kembali mengukuhkan Nanang Rahman sebagai ketua.

Secara terpisah Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Cianjur Ridwan Ilyasin mengungkapkan, Kopsya BMT Assalam merupakan koperasi besar di Cianjur. Koperasi tersebut merupakan salah satu koperasi yang selama ini selalu tepat waktu dalam menggelar RAT.

"Dengan adanya BMT masyarakat diharapkan tidak lagi meminjam dana ke rentenir. BMT Assalam ini koperasi skala besar, mudah-mudahan kedepan bisa besar di Jawa Barat. Saya menginginkan masuk menjadi koperasi yang diperhitungkan di tingkat nasional. Mudah-mudahan dapat meningkatkan layanan kepada anggota dan masyarakat," kata Ridwan.

Apa yang dilakukan Kopsyah BMT Assalam diharapkan bisa memberikan motivasi kepada koperasi lainya untuk bisa lebih maju dan berkembang. "Harapan kita tentu koperasi-koperasi yang ada di Cianjur itu bisa belajar dari apa yang telah di capai BMT Assalam agar bisa lebih maju," katanya  [KC-02]**.

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.