Iklan

iklan

Pemerintah Bangunkan Sodetan Buat Nelayan

Wednesday, March 11, 2015 | 1:40:00 AM WIB Last Updated 2015-03-10T18:40:18Z
CIANJUR,  [KC].- Salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap keinginan para nelayan, Pemkab Cianjur berupaya memberikan bantuan kepada para nelayan yang ada di pesisir Pantai Jayanti Kecamatan Cidaun. Sejumlah sarana dan prasarana yang dibutuhkan nelayan berupaya dibangunkan.

"Kami baru saja membangunkan sodetan yang menurut para nelayan itu sangat dibutuhkan. Karena adanya sodetan itu kapal-kapal nelayan bisa bersandar dan lebih mudah dalam melakukan perawatannya," kata Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali saat ditemui, Selasa (10/3/2015).

Adanya sodetan yang sudah selesai dibangun itu, kapal nelayan yang awalnya tidak bisa bersandar, kini sudah bisa merapat. Selain itu kapal-kapal nelayan itu juga bisa lebih terawat, karena tidak terhempas ombak secara terus menerus.

"Untuk kemajuan para nelayan, pemerintah juga memberikan bantuan 10 kapal nelayan. Kapal itu diharapkan bisa memudahkan para nelayan dalam menangkap ikan," kata Djoni.

Selama ini yang seringkali menjadi keluhan para nelayan mengenai penjualan hasil tangkapan ikan. Tempat Pelelang Ikan (TPI) yang diharapkan bisa menjadi pusat transaski jual beli ikan, sepertinya tidak bisa berfungsi dengan baik.

"TPI sudah menyiapkan itu, tapi kebiasaan para nelayan, begitu langsung naikin hasil, mereka langsung dijual ke pengepul yang mendatangi nelayan. Seharusnya para nelayan ke TPI dalam melakukan transaksi.  Karakter nelayan pingin lebih cepet, kalau nelayan langsung di TPI akan lebih bersaing," jelas Djoni.

Perlu kesadaran bagi para nelayan untuk memanfaatkan TPI. Sehingga harga jual ikan bisa lebih terkontrol dibandingkan dengan dijual langsung ke pengepul. "Kalau semua kompak, para nelayan itu bisa menentukan harganya sendiri di TPI. Sehingga hasil tanglapan ikan itu bisa bersaing. Kita terus upayakan agar para nelayan mau menjual ikannya ke TPI," katanya  [KC-02]**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Bangunkan Sodetan Buat Nelayan

Trending Now

Iklan

iklan