CIANJUR, [KC].- Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Cianjur, Minggu (22/3/2015) petang mengakibatkan sejumlah bencana alam terjadi di Cianjur. Banjir yang merendam sejumlah rumah warga terjadi dibeberapa titik. Demikian juga tanah longsor dan retakan tanah terjadi disejumlah wilayah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, sejumlah warga terpaksa harus di ungsikan ketempat yang aman.

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, banjir akibat hujan deras terjadi diantaranya di Kampung Kaum dan Kaum Kidul Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah. Puluhan rumah didua kampung tersebut terendam hingga mencapai setengah meter akibat meluapnya selokan di dua kampung itu. Sejumlah barang rumah tangga milik warga banyak yang terendam seperti meja kursi, kasur dan barang elektronik.

Banjir serupa juga terjadi di Babakan Caringin Kecamatan Karangtengah. Setidaknya 12 rumah terendam akibat meluapnya aliran sungai didaerah tersebut. Warga yang rumahnya terendam sempat diungsikan. Bahkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Senin (23/3/2015) menyiapkan sebuah perahu karet sebagai upaya untuk menyeberangkan warga jika kondisi air kembali meluap.

Sementara bencana alam longsor terjadi di Kampung Jati RT 02/RW 02, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong. Tiga rumah di kampung tersebut rusak berat akibat diterjang longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, warga yang rumahnya rusak diungsikan ketempat yang lebih aman.

Longsor juga terjadi Kampung Cibeureum Desa Babakan Karet Kecamatan Cianjur. Jalan desa di kampung tersebut sempat tertutup longsor sehingga mengakibatkan akses jalan desa yang mengarah atau sebaliknya ke Babakan Karet-Mekarjaya tidak bisa dilalui. Warga Mekarjaya yang tinggal diperbatasan Desa Babakan Karte berupaya menyingkirkan longsoran. Hingga pukul 20.00 WIB, jalan sudah bisa dilalui.

Bencana alam lainya terjadi di Desa Batulawang Kecamatan Cipanas. Setidaknya 13 rumah warga di Kampung Sindanglangu RT 05/RW 11 rusak akibat terjadi pergerakan tanah. Tiga rumah diantaranya rusak berat, dan penghuni rumah harus diungsikan ke tempat yang lebih aman. Sementara 20 rumah lainya di kampung tersebut juga terancam pergerakan tanah.

"Petugas kami sudah kami kerahkan di sejumlah lokasi untuk melakukan penanganan bencana alam ini. Untuk yang di Batulawang kita akan siapkan tenda untuk antisipasi warga yang mengungsi. Yang lainnya kita sudah melakukan penanganan dengan segera," kata Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Asep Suparman saat dihubungi Senin (23/3/2015). 

Pihaknya akan terus memantau lokasi bencanan terutama yang ada diwilayah Desa Batulawang Kecamatan Cipanas. Pergerakan tanah diwilayah tersebut kemungkinan masih akan terjadi jika melihat curah hujan yang masih tinggi. "Kita terus pantau sebagai langkah antisipasi terjadinya pergerakan tanah susulan. Jangan sampai menimbulkan korban jiwa," katanya [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.