CIANJUR, [KC].- Sebanyak 348 dus soal Ujian Nasional (UN) untuk SMA/SMK/MA tiba di Rayon Kabupaten Cianjur di SMKN 2 Cilaku Jalan Perintis Kemerdekaan, Jum'at (10/4/2015) sekitar pukul 10.00 WIB. Soal-soal UN tersebut diangkut dari sebuah percetakan diaerah Ciawi Bogor dengan menggunakan truk tronton.

Setibanya di Rayon Cianjur di SMKN 2 CIlaku, soal UN tersebut dimasukkan kedalam aula sekolah. Selanjutnya saoal-soal yang tersegel itu dipilah sesuai denganwilayah sub rayon yang ada. Dari 348 dus soal UN, terdiri dari 168 dus untuk SMA dan 130 dus untuk SMK. Selain itu juga terdapat soal UN-Paket C sebanyak 50 dus.

"Soal-soal UN yang kami terima ini selanjutnya semalam kita inapkan dulu di Rayon Cianjur yaitu di SMKN 2 Cilaku, esok harinya kita akan distribusikan ke 12 sub rayon. Kita prioritaskan pendistribusian ke sub rayon yang ada diwilayah Cianjur selatan terlebih dahulu mengingat kondisi medan yang tidak mudah," kata Ketua Pelaksanaan UN Kabupaten Cianjur, Jum'ati saat ditemui di SMKN 2 Cilaku, Jum'at (10/4/2015).

Dalam pendistribusiannya lanjut Jum'ati menggunakan kendaraan yang aman. Artinya jika tiba-tiba dijalan turun hujan, harus bisa dipastikan kalau soal UN tidak terkena air apalagi rusak. "Setiap pendistribusian soal UN, selalu dikawal oleh dua orang petugas dari kepolisian," katanya.

Demikian juga selama soal di inapkan di rayon maupun sub rayon, petugas kepolisian bersiaga selama 24 jam. Selain petugas yang terkait UN tidak bisa masuk kedalam tempat penyimpanan soal. "Ini demi menjaga keamanan soal dan menghindari terjadinya kebocoran soal. Pengamanan standar harus tetap dilakukan," tegasnya.

Pihaknya juga menjamin, pendistribusian soal ke sub rayon akan selesai sebelum pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan mulai Senin (13/4/2013). "Kita pastikan soal-soal UN itu tiba di sub rayon sebelum pelaksanaan UN dan dalam kondisi tersegel utuh. Kita sendiri juga belum tahu ada kerusakan atau lainya sebelum pelaksanaan UN, pokoknya kita jamin masih tersegel," kata Jum'ati.

Secara terpisah Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang juga petugas pendamping distribusi soal UN, Esther Miory Dewayanti mengatakan, distribusi soal UN ke Cianjur terbilang paling cepat. Bahkan soal-soal tersebut sampai ke titik distribusi lebih awal satu jam dari jadwal yang ditetapkan sekitar pukul 11.00 WIB.

"Soal-soal UN yang buat Cianjur sampai lebih awal, distribusinya lancar. Kendaraanya mulai dari berangkat dan tiba serta cuaca juga sangat mendukung. Ini yang tercepat dibandingkan tahun lalu yang sempat kehujanan," kata Esther ditemui terpisah.

Esther mengungkapkan, seluruh soal yang didistribusikan ke Cianjur itu tidak hanya soal-soal UN untuk reguler. Tapi juga soal-soal UN untuk susulan juga telah di distribusikan. "Untuk UN susulan jumlahnya terdiri untun SMA 2 dus,  SMK 1 Dus dan Paket C 1 dus," jelasnya.

Dalam pendistribusiannya, pihaknya sangat berhati-hati. Mulai dari titik angkot sampai titik bongkar selalu di cek jumlahnya. "Selama perjalanan kita dikawal oleh dua petugas kepolisian bersenjata lengkap. Kita juga tidak boleh berhenti di tengah jalan, kalaupun berhenti untuk istirahat harus di kantor kepolisian, protabnya seperti itu," katanya.

Sampai di gudang distribusi kata Esther pengamanan juga tetap ketat. Semua itu untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan sepeti kerahasiaan, dan kebocoran. "Makanya kepada para peserta UN jangan kuatir soal itu aman tidak ada kebocoran. Siswa jangan percaya dengan sms (short massage service)  kunci jawaban itu menyesatkan, percaya diri sendiri jalani dengan tenang dan kuncinya berdoa," tegasnya  [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.