CIANJUR, [KC],- Ada pemandangan yang berbeda di salah satu stand pameran pendidikan cianjur, khususnya stand pengrajin batu mulia milik Endang Kartiwa yang menjual Beberapa jenis batu asli asal Cidamar Cidaun, Cianjur selatan, pasalnya hanya dengan memegang batu akik black aren dapat mengangkat orang hanya dengan satu jari.

Black Aren, demikian kebanyakan masyarakat menyebut batu akik khas Kabupaten Cianjur ini. batu akik berasal dari wilayah paling selatan Kabupaten Cianjur ini selintas terlihat hitam pekat. Penamaan Black Aren itu lantaran warnanya yang hitam menyerupai biji aren. Batu akik ini ditemukan sekelompok pemuda secara tak sengaja di sekitar Sungai Cidamar pada pertengahan tahun lalu.

“Ada yang percaya kalau yang pakai cincin batu akik ini bisa menambah stamina, menghilangkan rasa pegal-pegal, rematik, sakit kepala, dan yang utama adalah menambah percaya diri karena didominasi warna hitam, selain itu batu ini dibentuk akibat dari pelapukan fosil pohon yang memiliki zat-zat tertentu yang bisa digunakan sebagai penangkal racun atau hal bermanfaat lainnya” ujar Perajin dan kolektor Batu Mulia asal Kecamatan Cidaun, Endang Kartiwa.

Bahkan setelah di demokan khasiat batu balck aren ini, Pria asal Cidaun, Cianjur Selatan,  tak menyangka koleksi batu cincin mulianya bisa habis dalam sekejap. Padahal,  pameran ini ditutup masih cukup lama.

"Saya, kewalahan melayani pelanggan, batu black aren yang sudah dikemas dengan cincin bisa habis dalam setengah hari, bahkan barusan saja sudah ada yang order dari Jakarta untuk dikirim besok " ujar Endang. Menurut dia, kebanyakan pelanggannya datang dari Cianjur, Bandung, dan jakarta. Meski demikian, dia mengaku tak jarang pelanggan jauh seperti dari Aceh pun datang..

Dikatakan Endang, harga batu mulia asal Kecamatan Cidaun memang masih terbilang murah. Ia biasanya menjual batu itu dengan harga Rp 50 ribu sampai Rp 1 juta tergantung ukuran dan motif yang ada pada batu.
"Walau murah harganya, tapi kalau pengolahannya bagus nilai jual batu mulia yang sudah menjadi cincin batu akik ini bisa mahal," ujar Endang. [KC.01]***
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.