CIANJUR,[KC],- Tak acuhnya orangtua terhadap kondisi gigi dan mulut si anak sejak kecil berdampak pada  buruknya kondisi gigi si anak kelak. Gigi berlubang, gigi tongos, dan gigi yang tumbuh tidak rata. “Oleh karena itu, merawat dan menjaga gigi anak tetap sehat, wajib dilakukan oleh orangtua,” kata Calon Bupati Cianjur, Herman Suherman ketika saba kampung di Gang Ikhlas Kopo Karangtengah Cianjur, Kamis (4/16/2015).Menurut Kang Herman panggilan akrabnya memaparkan, menjaga gigi anak tetap sehat juga bisa dimulai dari menjauhkan makanan-makanan yang berpotensi merusak gigi anak, salah satunya adalah permen. Gula yang banyak terdapat pada permen bisa merusak enamel gigi. “Tidak hanya permen yang manis, sebuah penelitian tahun 2013 menemukan fakta

 permen asam juga menyebabkan 92% kerusakan pada gigi,” papar Herman yang saat itu langsung berdilog dengan anak-anak sambil menjelaskan bahaya makan permen.

Dia menerangkan, bubuk asam yang terkandung dalam permen asam disinyalir memiliki daya rusak gigi lebih tinggi daripada permen manis. Bukan itu saja, permen yang cenderung keras juga tidak bagus bagi si kecil yang belum memiliki gigi permanen yang kuat.  “Untuk orangtua yang kesulitan menjauhkan anak-anaknya dari permen, ada beberapa cara jitu untuk mengalihkan perhatian si kecil dari makanan kaya warna itu,” tegas Herman sambil memberi uang ‘jajan’ kepada anak dan langsung menyarankan jangan beli permen.

Salah satunya yang paling mujarab adalah dengan mengganti permen denganice cream atau aneka puding. Supaya tidak monoton, orangtua bisa menyajikan makanan-makanan tersebut dengan bentuk-bentuk yang unik.

Selain memastikan gigi si kecil tidak ada masalah, orangtua juga harus memastikan perkembangan gigi si kecil sehat dan kuat. “Sehat-tidaknya tumbuh kembang gigi si kecil sangat bergantung pada nutris terutama kalsium dan zat besi yang dikonsumsi si ibu ketika hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan,” paparnya.
Selain memastikan gigi si kecil tidak ada masalah, orangtua juga harus memastikan perkembangan gigi si kecil sehat dan kuat. “Sehat-tidaknya tumbuh kembang gigi si kecil sangat bergantung pada nutris terutama kalsium dan zat besi yang dikonsumsi si ibu ketika hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan,” paparnya.

Dia menambahkan, orangtua juga jangan terlalu memanjakan si kecil dengan makanan-makanan yang lembek. Tidak harus yang keras, tapi paling tidak makanan yang bisa membuat anak mengunyah. Bagi Herman, aktivitas mengunyah yang terus-menerus menjadikan gigi dan gusi si kecil lebih kuat. “Terutama untuk gusi, gusi yang kuat dan sehat menjadikan gigi permanen tumbuh rapi dan rata. Tidak tumpang tindih,” tuturnya.

Sementara itu, Wati Watimah (45), salah seorang warga Gang Iklhas mengucapkan terima kasih kepada Kang Herman yang telah memberikan informasi tentang kesehatan gigi bagi anaknya. “Memang anak-anak disini suka makan permen. Melalui informasi dari Kang Herman setidaknya akan memberikan manfaat bagi warga kami agar menjaga anak-anaknya tidak makan sembarangan,” pungkasnya [KC.01]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.