CIANJUR, [KC].- Jumlah kunjungan ke kawasan wisata Cibodas dalam tiga hari ini mengalami lonjakan yang signifikan. Hal itu tidak terlepas akibat libur panjang selama tiga hari terakhir. Para pengunjung tersebut kebanyakan 90 persen dari Jakarta, sisanya dari daerah Bogor, Sukabumi, Bandung, Cianjur dan sekitarnya.
Koordinator jasa pelayanan Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas-LIPI, Sumartono mengungkapkan, libur tiga hari mulai Jum'at, Sabtu dan Minggu (3,4,5/4/2015), jumlah kunjungan wisatawan domestik mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari libur biasa.
Pada hari Jum'at setidaknya 1.830 pengunjung masuk ke kawasan Kebon Raya Cibodas dengan menggunakan 255 kendaraan. Sementara pada hari Sabtu, jumlah pengunjung mengalami lonjakan sebanyak 2.225 pengunjung denga menggunakan 388 kendaraan mobil dan 100 dengan sepeda motor. Puncaknya pada Minggu, jumlah pengunjung mencapai 4.479 pengunjung dengan menggunakan 445 kendaraan mobil.
"Hasil data rekap yang kami lakukan, libur tiga hari ini mengalami lonjakan jumlah kunjungan dibandingkan pada libur biasa. Selama tiga hari jumlah pengunjung yang masuk Kebon Raya Cibodas mencapai 8.534 pengunjung," kata Sumartono saat dihubungi, Minggu (5/4/2015).
Dikatakan Sumartono, pada hari libur biasa, jumlah pengunjung yang masuk ke Kebon Raya Cibodas sekitar 2.500 pengjung. Sedangkan pada hari-hari biasa hanya sekitar 500 pengunjung. "Kalau hari liburan sekolah biasanya tidak melihat hari libur kerja, hari biasa juga sama banyak jumlahnya," tegasnya.
Para pengunjung atau wisatawan yang masuk ke Kebon Raya Cibodas kebanyakan warga dari Jakarta. Mereka sengaja datang untuk berwisata memanfaatkan hari libur. "Sekitar 90 persen warga Jakarta, mereka terdiri dari keluarga dan dari perusahaan yang sengaja datang untuk refresing. Untuk yang dari perusahaan biasanya menggelar acara hiburan," katanya.
Sementara itu, hunian kawasan villa dan hotel yang ada di seputaran Cipanas sudah mulai lengang. Mereka sudah banak yang kembali ke Jakarta mengingat hari Senin harus mulai masuk kerja. Tapi ada juga yang sengaja pulang ke Jakarta mengambil waktu menjelang subuh.
"Kami terbiasa turun ke Jakarta nanti menjelang subuh. Biasanya arus lalu lintas sudah lancar. Kalau turun hari ini pasti di daerah Bogor terjebak macet, makanya lebih memilih bangun pagi saja, tapi semua barang sudah kami masukkan kedalam mobil," kata Yohanes (52) penghuni sebuah villa di Cipanas.
Yohanes mengaku rutin dua kali dalam sebulan liburan ke villa miliknya. "Sebenarnya tidak terlalu jauh Jakarta-Cipanas itu, paling 2,5 jam juga sudah sampai, tapi karena sering macet seperti jauh. Tapi kami tetap saja sering ke Cipanas, suasananya masih nyaman dan udaranya yang sejuk," katanya [KC-02]**.






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.