CIANJUR, [KC],- Pedagang lokal Cianjur  perlu mendapatkan peran optimal dalam pengembangan pasar tradisional agar semakin dinamis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Untuk itu,  perlu penguatan kerja sama dan koordinasi antara berbagai pihak dengan para pedagang lokal supaya pasar tradisional semakin dinamis dan mampu bersaing, terlebih dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN," kata Calon Bupati Cianjur, Herman Suherman saat menghadiri  silaturrahim dengan para anggota K5 (Kebersihan, Ketertiban, Keamanan, Kenyaman dan Keindahan), yang bekerja di Pasar tradisional  se Kabupaten Cianjur  di Gedung Generasi Muda Cianjur, Jumat (24/04/2015).

Menurutnya, pengusaha atau pedagang di tingkat lokal perlu mengambil peran penting dalam usaha meningkatkan perekonomian daerah, termasuk melalui peranannya di berbagai pasar tradisional. "Jangan sampai berbagai kebutuhan di pasar tradisional di daerah, dipasok oleh para pengusaha besar ataupun pengusaha asing, namun pengusaha lokal perlu memainkan peranan yang lebih kuat," katanya.

Kalangan pengusaha atau pedagang lokal, katanya, membutuhkan fasilitasi dari pemerintah setempat, antara lain sosialisasi kepada masyarakat luas terkait dengan pentingnya perananan mereka dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Ia juga mengemukakan, pentingnya kalangan pengusaha lokal menggali kekayaan potensi ekonomi lokal.  Antara lain bahan baku diolah menjadi bahan jadi dan dijual di pasar tradisional. "Kalau pedagang lokal maju dan berkembang, otomatis masyarakat Cianjur lebih maju," imbuhnya.

Herman mengakui, kerja sama kalangan pengusaha atau pedagang lokal  dengan pemerintah daerah sudah baik selama ini. "Tentu perlu ditingkatkan kembali kerjasama ini," katanya.

Herman berjanji, jika terpilih menjadi Bupati Cianjur lima tahun mendatang. Pihaknya akan membantu pedagang lokal untuk meningkatkan ekonomi. Dengan cara, memberikan pelatihan penguatan ekonomi lokal, modal usaha, membuka jaringan dengan pedagang lokal di daerah lain serta lainnya. "Kita bertekad untuk bersama-sama membangun cianjur  lebih maju dan agamis tahun 2021," imbuhnya [KC.13/DEN]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.