CIANJUR,  [KC].-  Dari 23 peserta Ujian Nasional (UN) susulan SMA/SMK yang dilaksanakan sejak Senin (20/4/2015) ternyata tidak seluruhnya hadir. Sembilan siswa tidak hadir dan tidak diketahui persis alasan ketidak hadirannya. Dipastikan mereka tidak akan lulus dari sekolahnya pada tahun kelulusan saat ini. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia UN, Jum'ati mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya UN susulan yang seharusnya diikuti oleh 23 iswa itu hanya diikuti oleh 14 siswa. Mereka berasal sari SMK sebanyak 9 orang dan dari SMA sebanyak 5 orang.

"Seharusnya yang mengikuti UN susulan itu dari SMK sebanyak 13 orang dan dari SMA sebanyak 10 orang. Tapi dengan alasan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan ternyata untuk SMK sebanyak 4 siswa tidak hadir dan untuk SMA sebanyak 5 siswa yang tidak hadir," kata Jum'ati, Jum'at (24/4/2015).

Jum'ati menegaskan, pelaksanaan UN susulan sebenarnya merupakan kesempatan emas bagi para siswa yang pada saat UN tidak bisa ikut. Meski tidak menjadi dasar utama kelulusan siswa, UN masih menjadi hal yang penting bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.

"Pemerintah sudah memikirkan jika pada pelaksanaan UN ada yang tidak hadir dengan berbagai alasan, makannya ada yang namanya UN susulan. Tapi kalau ternyata kesempatan itu tidak juga dimanfaatkan oleh para siswa, dengan sendirinya siswa yang bersangkutan itu tidak mau lulus sekolahnya," katanya.

Diakuinya, dalam kelulusan tahun ini, UN tidak menjadi satu-satunya pertimbangan bagi sekolah untuk meluluskan siswanya atau tidak. Namun dengan adanya UN masih menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan belajar siswa. 

"Memang benar UN tahun ini tidak menjadi dasar kelulusan, tapi paling tidak dengan adanya UN sekolah juga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan para siswanya dan keberhasilan proses belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan. Walaupun kelulusan itu dikembalikan kepada sekolah yang lebih mengetahui kemampuan anak didiknya," papar Jum'ati.

Pelaksanaan UN susulan di Kabupaten Cianjur berlangsung lancar. Hanya sejumlah siswa saja yang tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas. "Kalau pelaksanaanya secara umum berjalan lancar sebagaimana yang kita harapkan," tegasnya [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.