CIANJUR,[KC],-  Untuk memantau perkembangan koperasi, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Cianjur berencana menyiapkan program sofwere khusus administrasi untuk koperasi. Program tersebut diharapkan untuk mempermudah pengadministrasian koperasi, sehingga koperasi diharapkan bisa tepat waktu dalam melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

"Kita ingin koperasi-koperasi yang ada itu menggunakan sofwere yang murah, mudah dan aman. Sehingga koperasi-koperasi itu bisa mengelola laporan keuangan koperasi dengan mudah," kata Kepala Bidang Koperasi Diskop UMKM Kabupaten Cianjur, Aca Kurniawan, Kamis (14/5/2015).

Pemberian sofwere khusus koperasi itu, saat ini masih dalam tahap sosialisasi dilingkungan Dinkop UMKM. Sejumlah pegawai diarahkan bisa menguasai penggunaan dan pengoperasian sofwere khusus buat pelaku koperasi itu.

"Kita juga libatkan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) yang ada untuk "memasarkan" sofwere khusus koperasi tersebut. Mereka akan dilatih terlebih dahulu dalam pengoperasian sofwerenya. Saya yakin dalam waktu dekat akan bisa dikuasai karena sistemnya sudah dirancang sedemikian rupa," tegasnya.

Dikatakan Aca, dalam sofwere yang akan di pasarkan ke para pelaku koperasi itu, ada sandi khusus setiap sofwere yang diberikan. Sehingga satu sama lainnya tidak akan sama dan lebih terjamin keamanannya.

"Sofwere ini memang sudah ada diantara koperasi yang memanfaatkanya dan hasilnya memang cukup baik. Makanya kita ingin perbanyak dan pasarkan penggunaanya, agar para pelaku koperasi bisa lebih pandai dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan koperasi," paparnya.

Diakui Caca, salah satu tujuan penyebaran sofwere khusus koperasi itu diharapkan koperasi bisa lebih maju dan berkembang. Selain itu koperasi lebih mudah terpantau perkembangannya. "Kita harapkan koperasi tidak ada alasan untuk tidak bisa maju dan melakukan RAT. Karena semuanya telah tersistem," tegasnya [KC.0]***
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.