Iklan

iklan

Herman Dorong Pengembangan Kesenian Lokal

Thursday, May 7, 2015 | 4:48:00 PM WIB Last Updated 2015-05-07T09:48:09Z
CIANJUR,[KC],- Pengaruh budaya luar  semakin tak terbendung seiring  perkembangan kecanggihan teknologi. Akibatnya, budaya lokal khususnya bidang kesenian di Cianjur  semakin terkikis. "Hampir di setiap sudut di wilayah Cianjur, kalangan masyarakat manapun sebagian besar sudah terpengaruhi budaya asing yang kebanyakan tidak mencerminkan adat ketimuran sebagai karakter bangsa," kata Bakal Calon Bupati Cianjur periode 2016-2021, Herman Suherman ketika mengunjungi Sanggar Kesenian Gendang, di  Kp Naringgul Kec Naringgul  Kecamatan Naringgul Cianjur, Rabu (6/5/2015).

Menurut Herman, hal ini  menjadi kekhawatiran mendasar bagi dirinya.  Karena itu, ia akan mendorong upaya meningkatkan kearaifan budaya lokal untuk dihidupkan dan dibina kepada masyarakat Cianjur. Satu di antaranya, meningkatkan kesenian tradisional di berbagai kecamatan di wilayah Cianjur.  "Kesenian tradisional tentu mengedepankan nilai-nilai budaya lokal yang sarat dengan filosofis," papar dia.

Herman mengaku, khawatir kepada generasi penerus tidak mengenal budayanya sendiri, ini harus diantisipasi. "Salah satunya terus meningkatkan seni tradisi Cianjur," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Sanggar  Kesenian Gendang, Wahyu Hidayat memaparkan, kesenian tradisional  harus didukung sepenuhnya untuk kemajuan masyarakat di Cianjur  melalui nilai-nilai budaya. "Bergesernya perilaku masyarakat di Cianjur diakibatkan adanya pengaruh budaya asing yang tidak tersaring dengan baik. Sehingga,  mempertahankan dan meningkatkan nilai kebudayaan lokal itu sangat penting," tegasnya.

Dia menambahkan, melalui Kang Herman yang sengaja datang ke sanggar seni Naringgul, diharapkan nanti akan ada program kebudayaan mengedepankan kepentingan komunitas kesenian . " Kami tahu bahwa Kang Herman akan mencalonkan diri sebagai calon bupati Cianjur lima tahun mendatang. Kami siap mendukung beliau, karena Herman sangat peduli kepada kebudayaan Cianjur khususnya di bidang kesenian," imbuhnya [KC.13/Den]***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Herman Dorong Pengembangan Kesenian Lokal

Trending Now

Iklan

iklan