CIANJUR, [KC],- Sepanjang jalan Jati Sari  Desa Jatisari Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur nampak ramai.  Banyak warga Sindangbarang mengunjungi pasar mingguan  yang berada di Cianjur Selatan ini.

Pasar  ini menyajikan keperluan rumah tangga. Dari mulai sayuran, buah-buahan, daging ayam, sapi dan   beragam pakaian, untuk pria dan wanita, anak-anak dan dewasa. Juga beragam model dan jenis sepatu.

Keberadaan pasar mingguan  ini menjadi ruang usaha bagi para pelaku usaha kecil yang mendukung perputaran roda perekonomian.

“Pasar  ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berbelanja, sehingga tak perlu jauh-jauh ke Cianjur Kota. Kualitas barang yang dijual di sini pun sama,” ujar salah seorang pedagang sayuran, Kusnandar Rudi, Selasa (5/5/2015).

Kehadiran pasar ini selain menambah ramai suasana kawasan Sindangbarang, wilayah Jatisari berada di perbatasan Kecamatan Agrabinta dan Leles. "Tentunya kehadiran pasar mingguan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku usaha kecil," paparnya.

Salah seorang pedagang lain, Yuyun Yunarsih berharap, pasar mingguan ini kedepan harus menjadi pasar harian. Karena mengingat banyak masyarakat yang datang ke pasar mingguan memerlukan kebutuhan pokok  sehari-hari."Kalau pasar ini menjadi pasar tetap, tentu akan mendongkrak ekonomi usaha kecil dan memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya," tuturnya.

Sementara itu, Calon Bupati Cianjur periode 2016-2021,  Herman Suherman yang kebetulan melintasi pasar mingguan Jatisari langsung turun dan ikut berbelanja kebutuhan pokok.

Kang Herman sambil membeli sayuran juga berdialog dengan para pedagang.  Herman pun paham tentang keinginan para pedagang pasar."Memang pasar mingguan ini, harus dijadikan pasar tetap, karena mengingat banyak aktifitas di wilayah ini," tuturnya.

Herman mengaku, jika pasar mingguan tidak dijadikan pasar tetap tentu akan berimbas kepada harga kebutuhan pokok. Misalnya, kalau pasar berpindah-pindah pasti pembeli akan menambah ongkos, dan harga kebutuhan pokok akan naik pula. "Sementara kalau pasar tetap tentu akan mengurangi biaya serta harga kebutuhan pokok akan murah," tuturnya.

Herman memaparkan, sebelum dijadikan pasar tetap,  harus ada fasilitas lain yang bisa menunjang keramaian pasar. Di antaranya, sarana prasarana khususnya jalan harus bagus, harus ada terminal mobil angkutan desa, tempat peribadahan atau masjid, dan masih banyak lainnya. "Kalau fasilitas ini sudah ada, pasti pasar semakin  ramai," imbuhnya.

Herman menambahkan, jika ditakdirkan menjadi Bupati Cianjur lima tahun mendatang, pihaknya berjanji akan membantu merealisasikan keinginan pedagang usaha kecil ini. "Tentu saya ingin membantu dan mewujudkan keinginan masyarakat dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat Cianjur Selatan," pungkasnya. [KC.13/Den]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.