CIANJUR, [KC],- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), bisa mencetak lulusannya siap kerja, namun  tetap bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Salah satunya, Titin Sumiyati pelajar SMKN I Cianjur mempunyai cita-cita, setelah lulus SMK tahun ini akan bekerja sambil meneruskan ke perguruan tinggi.

“Setelah kelulusan ini,  saya ingin bekerja sambil kuliah sehingga tidak memberatkan orang tua. Kalau cita-cita saya ingin jadi sekretaris dan bisa membantu orang tua,” kata Titin saat perpisahan siswa-siswi SMKN I Cianjur di aula gedung Assakinah Cianjur, Sabtu (9/5/2015).
Sesuai dengan jurusan yang diambil Administrasi Perkantoran, Titin berkeinginan untuk bekerja sebagai tenaga administrasi di Bank.“Kalau bisa  kerja di Bank,  kalau bisa sambil meneruskan kuliah,” paparnya.

Calon Bupati Cianjur periode 2016-2021, Herman Suherman yang menghadiri sebagai undangan perpisahan siswa-siswi SMKN I Cianjur menerangkan, lulusan SMK bisa bekerja sambil kuliah. Karena SMK memiliki keahlian yang dimiliki. “Sekolah di SMK selain diberi teori, siswa diberi keahlian sesuai potensi yang dia miliki dan kompetensi keahlian yang dipilih.  Lulusan SMK menjadi seorang siswa menjadi cerdas, siap kerja, dan kompetitif,” paparnya.

Dia menerangkan,  cerdas karena pendidikannya setara dengan SMA, siap kerja karena dibekali dengan lifeskill dan kesempatan magang di Dunia Usaha dan Industri (DU/DI), serta kompetitif karena dibekali dengan kemampuan untuk mampu bersaing. “Inilah alasan mengapa alumnus SMK lebih dibutuhkan pada saat ini,” terang Herman yang mengaku jika dirinya merupakan lulusan SMK juga.

Kaitan keinginan Titin Sumiyati ingin bekerja sambil melanjutkan kuliah, Herman optimis bisa dilaksanakan. Karena, berdasarkan pengalaman Herman, seteleh lulus SMK tahun 1982 dulu, ia langsung berkerja sambil kuliah. “Inilah SMK, sesuai moto ‘bisa-bisa-bisa’. SMK bisa bekerja sambil kuliah,” imbuhnya.[KC.13/Den]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.