CIANJUR, [KC],- Derasnya  kemajuan teknologi saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi kalangan pemuda. Bila mereka tidak memiliki filter (penyaring) yang kuat, dikhawatirkan pemuda akan terseret arus negatif.

"Di sinilah peran orangtua, lingkungan dan pemerintah dalam memberikan pelatihan pemberdayaan terhadap pemuda," kata Calon Bupati Cianjur periode 2016-2021, Herman  Suherman ketika mengunjungi UKM Dapak di Kp Babakan Bandung RT 02 RW 05 Desa Cisujen Kec Takokak Cianjur, Sabtu (9/5/2015).
Menurut Kang Herman, pelatihan dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas pemuda untuk mandiri. "Pemuda dituntut untuk bisa mandiri dalam segala hal, terutama pemberdayaan di masing-masing daerah," tegasnya.

Menurut Herman, pemuda saat ini memiliki peran yang sangat kuat terutama dalam mengisi pembangunan. "Kalau pemuda mandiri  dalam segala hal.  Mereka pasti mampu tampil untuk mengisi pembangunan" jelasnya. Sementara itu, kaitan UKM Dapak. Herman sangat meresponnya. "UKM Dapak sudah mampu memberdayakan pemuda di lingkungan tempat tinggal. Ini yang dimaksud pemuda mandiri," tuturnya.

Herman menambahkan, untuk meningkatkan UKM Dapak, pihaknya siap membantu untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM),  pangsa pasar serta lainnya. "Kami ingin pemuda di berbagai daerah hidup mandiri. Makanya, kita latih dan disalurkan berwirausaha," tuturnya.

Sementara itu, Ketua UKM Dapak, Uwes Setiawan memaparkan, pihaknya memproduksi pakaian  sudah empat tahun, dengan memperkerjakan 25 orang pemuda di wilayah Desa  Cisujen. "Pangsa pasar kami di Jakarta, satu bulan sekitar 1500 pakaian," tuturnya.

Uwes mengaku, sangat  terbantu kehadiran Kang Herman ke UKM nya, karena memberikan motivasi tentang pemuda mandiri. "Kang Herman juga siap memfasilitasi warga disini untuk pelatihan SDM dan meningkatkan produk UKM," imbuhnya.
Uwes menambahkan, kalau pemuda sudah dilatih menjadi SDM yang mumpuni, ke depan akan bisa hidup mandiri dan membantu pemerintah secara ekonomi. "Mudah-mudahan harapan ini bisa terwujud," pungkasnya. [KC.13/Den]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.